Defining issue test (DIT)

Defining issue test (DIT) adalah instrumen survey yang dikembangkan oleh Rest (1984, 1994) dengan mengintegrasikan gagasan dasar Kohlberg mengenai metodolgi pertimbangan moral. DIT dirancang untuk mengukur kapasitas moral kognitif (cognitive moral capacity). Kapasitas moral kognitif adalah tingkatan penalaran moral yang mampu dilakukan oleh seorang individu. (Mintchik and Farmer, 2009)

Dengan DIT, subjek diminta untuk menunjukkan preferensinya dalam menyelesaikan dilema kemanusiaan, memilih empat faktor paling krusial dari dua belas faktor yang disediakan, dan akhirnya mengurutkan empat faktor yang dipilihnya itu dari yang dianggap paling penting. Empat dari dua belas faktor yang disediakan itu dikaitkan dengan tingkatan penalaran moral pascakonvensional dan dinamakan “pricipled items for consideration.”

Skor yang dicapai oleh seorang individu ditentukan berdasarkan empat item mana yang dipilihnya dari dua belas faktor yang disediakan serta urutan (ranking) yang ditetapkannya untuk item/faktor yang terpilih (Mintchik and Farmer, 2009).

Catatan: Artikel ini baru dikutip dari satu sumber (Mintchik and Farmer, 2009).