05 December 2009

Relationship marketing

Relationship marketing adalah strategi pemasaran yang lebih berfokus kepada loyalitas dan kepuasan customer, bukan semata-mata perluasan pasar. Relationship marketing didasarkan kepada asumsi, nilai perusahaan dalam jangka panjang akan tercipta dengan mempertahankan customer yang ada. Asumsi ini bertentangan dengan strategi pemasaran yang menekankan pemerolehan customer baru.

Baik customer maupun perusahaan akan sama-sama memperoleh manfaat dalam jangka panjang; kedua pihak terlibat dalam upaya peningkatan nilai sehingga perusahaan mampu memuaskan customer-nya lebih baik lagi dan berkesinambungan. Transaksi jual-beli dengan customer dimaknai secara lebih mendalam melalui hubungan pribadi antara customer dengan perusahaan. Pengalaman customer mengkonsumsi produk dan layanan perusahaan digunakan sebagai umpan balik bagi perusahaan sehingga tercipta hubungan yang lebih erat.

Relationship marketing juga biasa disebut strategi pemasaran defensif. Kebalikannya adalah strategi pemasaran opensif.

Dalam praktiknya, relationship marketing biasanya didukung oleh perangkat lunak (software} yang populer dengan nama Customer Relationship Management (CRM}.

Artikel ini diadaptasi dari artikel sejenis di Wikipedia.

No comments:

Post a Comment