Dua level pelaporan dalam konteks investasi dalam perusahaan asosiasi (IAS 28)

Tan & Lee (2009), dalam bukunya, Advanced Financial Accounting - An IAS and IFRS Approach, menulis, "An investor of an associate must present separate financial statements and either consolidated financial statements or an investor's financial statements in place of consolidated financial statements.

Ini berarti, dua level pelaporan kelompok usaha (group) tetap diperlukan, meskipun tidak ada entitas di dalam kelompok usaha yang menjadi perusahaan induk (parent). Investor dalam perusahaan asosiasi (associate) tetap harus menyusun dua set laporan: (1) laporan keuangan terpisah (separate financial statements) pada level badan hukum perseroan dan (2) laporan keuangan investor yang menggambarkan realitas ekonomi investor dengan perusahaan asosiasinya.

Laporan keuangan konsolidasi (consolidated financial statements) disusun jika investor juga menjadi perusahaan induk di dalam kelompok usaha. Maksudnya, selain berinvestasi di dalam perusahaan asosiasi, ada juga perusahaan lain yang merupakan perusahaan anak (subsidiary).

Metode ekuitas (equity method) diterapkan hanya pada level entitas ekonomi. Jika investor dalam perusahaan asosiasi tidak memiliki perusahaan anak, laporan keuangan investor disiapkan, sebagai pengganti laporan keuangan konsolidasi, untuk menggambarkan realitas ekonomi investor itu dengan perusahaan asosiasinya.

Popular posts from this blog

Contoh jurnal dan laporan keuangan perusahaan jasa

Kekuasaan atas pengelolaan keuangan negara menurut UU No. 17 Tahun 2003

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Keuangan negara: definisi menurut UU No. 17 tahun 2003

Penyusunan dan penetapan APBN dan APBD menurut UU No. 17 Tahun 2003