Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2024

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. WSD kembali menyelenggarakan Brevet Pajak dan Kursus Akuntansi Praktis! Hubungi admin (WhatsApp) untuk info lebih lanjut. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pr

Kemampuan bahasa Inggris bagi akuntan

Di depan mahasiswa saya, ketika memberi arahan pendahuluan untuk mata kuliah Seminar Akuntansi, saya menyampaikan bahwa penguasaan bahasa Inggris saat ini fardlu ‘ain hukumnya bagi setiap akuntan. Saya tidak menggunakan argumen yang tinggi-tinggi untuk melegitimasi fatwa itu. Saya bilang, suka atau tidak suka, pilihan profesi akuntan Indonesia untuk mengadopsi IFRS berarti juga mengadopsi bahasa yang dipakai untuk menuliskan standar akuntansi internasional itu.

Anda mungkin mengaitkan penguasaan bahasa Inggris dengan daya saing akuntan kita di era pasar bebas. Argumen itu juga masuk akal, tapi saya bilang, itu argumen yang ketinggian bagi saya. :)

Adopsi standar akuntansi internasional bukan hanya mengadopsi perlakuan dan teknik akuntansinya saja. Jika tujuannya adalah untuk meningkatkan daya banding (comparability) dan memperlancar arus investasi global, berarti laporan keuangannya juga harus ditulis dalam bahasa Inggris. Dan ingat, laporan keuangan bukan hanya neraca, laba-rugi, arus kas, dan perubahan ekuitas.

Pengungkapan tentang kebijakan akuntansi, penjelasan dan rincian masing-masing item, dan informasi penjelas lainnya, sebagian disajikan secara naratif, bukan melulu tabel dan angka. Atas alasan “teknis” itulah, saya mewajibkan mahasiswa untuk melek bahasa Inggris, paling tidak baca-tulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22