Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2024

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. WSD kembali menyelenggarakan Brevet Pajak dan Kursus Akuntansi Praktis! Hubungi admin (WhatsApp) untuk info lebih lanjut. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pr

Kolaborasi, sharing, dan backup data dengan dropbox

Kolaborasi, sharing, dan backup data dengan dropboxTulisan ini terutama saya buat untuk para kolega sesama dosen dan mahasiswa. Saya melihat potensi peningkatan produktivitas dengan adanya teknologi yang populer disebut cloud computing atau komputasi awan. Penjelasan sederhananya, “awan” atau “cloud” adalah server di Internet yang menampung data kita. Karena lokasinya di Internet, kita bisa mengaksesnya dari mana saja, melalui komputer atau telepon pintar yang terkoneksi ke Internet.

Cara instalasinya mudah. Anda tinggal mengunjungi situs Dropbox, lakukan pendaftaran (sign up), download aplikasinya, dan masuk (login)…tuntas. Setelah proses selesai, di hard disk Anda akan tercipta satu folder baru dengan nama “Dropbox”.

Semua file atau subfolder yang Anda tempatkan di folder Dropbox akan secara otomatis terunggah ke server, segera setelah Anda terkoneksi dengan Internet. Jika Anda mengetik naskah atau menyiapkan presentasi di komputer yang memang terkoneksi dengan Internet, perubahan yang Anda buat setiap kali file disimpan, akan langsung disenkronisasi dengan yang ada di server.

Semua file dan folder pada mulanya diset private, yang berarti hanya Anda yang bisa mengaksesnya. Setting private cocok jika Anda ingin menggunakan Dropbox untuk menjadi tempat backup (cadangan) data.

Tapi lebih dari itu, Anda juga bisa berbagi file atau folder dengan memindahkannya ke folder “Public”. Dari Windows Explorer, klik kanan nama file/folder yang ingin dibagikan, pilih Dropbox, Share this folder atau Get publik link. Anda bisa menaruh link itu di e-mail, sehingga mengirim file melalui e-mail tidak perlu lagi dengan attachment.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22