20 January 2013

Kolaborasi, sharing, dan backup data dengan dropbox

Kolaborasi, sharing, dan backup data dengan dropboxTulisan ini terutama saya buat untuk para kolega sesama dosen dan mahasiswa. Saya melihat potensi peningkatan produktivitas dengan adanya teknologi yang populer disebut cloud computing atau komputasi awan. Penjelasan sederhananya, “awan” atau “cloud” adalah server di Internet yang menampung data kita. Karena lokasinya di Internet, kita bisa mengaksesnya dari mana saja, melalui komputer atau telepon pintar yang terkoneksi ke Internet.

Cara instalasinya mudah. Anda tinggal mengunjungi situs Dropbox, lakukan pendaftaran (sign up), download aplikasinya, dan masuk (login)…tuntas. Setelah proses selesai, di hard disk Anda akan tercipta satu folder baru dengan nama “Dropbox”.

Semua file atau subfolder yang Anda tempatkan di folder Dropbox akan secara otomatis terunggah ke server, segera setelah Anda terkoneksi dengan Internet. Jika Anda mengetik naskah atau menyiapkan presentasi di komputer yang memang terkoneksi dengan Internet, perubahan yang Anda buat setiap kali file disimpan, akan langsung disenkronisasi dengan yang ada di server.

Semua file dan folder pada mulanya diset private, yang berarti hanya Anda yang bisa mengaksesnya. Setting private cocok jika Anda ingin menggunakan Dropbox untuk menjadi tempat backup (cadangan) data.

Tapi lebih dari itu, Anda juga bisa berbagi file atau folder dengan memindahkannya ke folder “Public”. Dari Windows Explorer, klik kanan nama file/folder yang ingin dibagikan, pilih Dropbox, Share this folder atau Get publik link. Anda bisa menaruh link itu di e-mail, sehingga mengirim file melalui e-mail tidak perlu lagi dengan attachment.

No comments:

Post a Comment