Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2024

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. WSD kembali menyelenggarakan Brevet Pajak dan Kursus Akuntansi Praktis! Hubungi admin (WhatsApp) untuk info lebih lanjut. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pr

Tak ada alasan

Kepada mahasiswa saya sering mengatakan bahwa sekarang ini tidak ada alasan lagi bagi kita, civitas akademika sebuah universitas di daerah untuk terlambat dalam mengikuti perkembangan. Teknologi informasi, khususnya Internet, menyediakan akses yang sama kepada lautan informasi yang melimpah. Keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki justru adalah memanfaatkan informasi yang tersedia untuk memfasilitasi tugas-tugas sehari-hari, menyaringnya secara efisien sesuai kebutuhan. Sangat menyedihkan kalau mahasiswa hanya menggunakan Internet sebagai sarana hiburan.

Bukan maksud saya untuk menyebutkannya satu per satu di sini, tapi Internet memudahkan siapa saja untuk saling berbagi informasi, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di universitas. Kepada kolega saya pernah mengiyakan, ketika dia bilang, bahkan untuk merakit bom juga kita bisa mempelajari secara otodidak kalau kita mau. Saya menambahkan, buku-buku terlarang juga berserakan tanpa ada satu pihak pun yang bisa mengontrolnya secara benar-benar efektif. Tapi tentu bukan untuk maksud itu saya mendorong mahasiswa saya untuk menggunakan Internet secara pintar. Saya justru ingin mereka terfokus dengan tugas-tugas yang mereka hadapi sehari-hari dan menjadikan jejaring publik itu sebagai teman mereka.

Bukan kita yang terseret arus informasi, tapi kita memilah-milahnya untuk kepentingan dan maksud kita. Sekadar mendramatisasi, saya katakan sebagai mahasiswa akuntansi tak ada perlunya bagi Anda untuk membaca berita politik. Materi pembelajaran yang tersedia di dunia maya banyak yang lebih relevan dengan tujuan Anda menjadi akuntan profesional, tinggal Anda mau menggelutinya atau tidak.

Tentu saja untuk dapat berinteraksi dengan Internet secara cerdas, kita butuh keterampilan teknis tambahan. Keterampilan tambahin yang dimaksud tidaklah rumit, tidak lebih rumit daripada game online yang menghabiskan waktu anak-anak muda jaman sekarang. Muaranya tetap adalah kemauan untuk belajar. Teknologi hanya sebagai alat bantu yang memberikan peluang dan kemudahan...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22