22 January 2015

PSAK 4/IAS 27 laporan keuangan tersendiri

Istilah “laporan keuangan tersendiri” diterjemahkan dari istilah “separate financial statements” yang dalam IFRS diatur dalam International Accounting Standard 27 Separate Financial Statements (IAS 27). DSAK IAI mengadopsi sebagian ketentuan dalam IAS 27 menjadi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 4 Laporan Keuangan Tersendiri (PSAK 4).

PSAK 4 laporan keuangan tersendiri

Apakah laporan keuangan tersendiri? Menurut PSAK 4, laporan keuangan tersendiri adalah laporan keuangan yang disajikan oleh entitas induk (yaitu investor yang memiliki pengendalian atas entitas anak) yang mencatat investasi pada entitas anak, entitas asosiasi, dan ventura bersama berdasarkan biaya perolehan atau sesuai dengan PSAK 55 Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran. (PSAK 4.4)

Definisi di atas menyiratkan bahwa laporan keuangan tersendiri hanya disajikan oleh entitas induk (parent) yang juga diharuskan untuk menyajikan laporan keuangan konsolidasi. Ketentuan tersebut berbeda dengan IAS 27. Menurut IAS 27, laporan keuangan tersendiri bisa disajikan oleh entitas induk, investor dalam entitas asosiasi, dan investor dalam ventura bersama.

Apakah perbedaan laporan keuangan konsolidasi dengan laporan keuangan tersendiri? Menurut PSAK 4, laporan keuangan konsolidasi harus disajikan oleh entitas induk. Laporan keuangan tersendiri juga disajikan oleh entitas induk sebagai tambahan atau lampiran laporan keuangan konsolidasi.

Laporan keuangan konsolidasian adalah laporan keuangan kelompok usaha (entitas induk dan entitas anak) yang di dalamnya aset, liabilitas, ekuitas, penghasilan, beban, dan arus kas entitas induk dan entitas anak disajikan sebagai satu entitas ekonomi tunggal. Jika entitas induk juga memiliki investasi dalam entitas asosiasi dan ventura bersama, laporan keuangan konsolidasi menyajikan investasi dalam entitas asosiasi dan ventura bersama dengan metode ekuitas.

Dalam laporan keuangan tersendiri, investasi di entitas anak, entitas asosiasi, dan ventura bersama disajikan dengan metode biaya, atau dengan metode nilai wajar sebagaimana ditentukan dalam PSAK 55. Selain investasi di entitas anak, entitas asosiasi, dan ventura bersama, laporan keuangan tersendiri disusun sesuai dengan SAK yang berlaku.

Menurut PSAK 4, laporan keuangan tersendiri sekurang-kurangnya terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan laba-rugi dan penghasilan komprehensif lain, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus-kas. (PSAK 4.6)

Karena laporan keuangan tersendiri hanya merupakan lampiran atau tambahan laporan konsolidasi, PSAK 4 tidak mengharuskan pengungkapan tambahan dalam catatan atas laporan keuangan untuk laporan keuangan tersendiri. Seluruh ketentuan pengungkapan dalam IAS 27 tidak diadopsi.

PSAK 4 belum mengadopsi amendement IAS 27 pada Agustus 2014 yang memperbolehkan entitas menggunakan metode ekuitas dalam melaporkan investasi di entitas anak, entitas asosiasi, dan ventura bersama dalam laporan keuangan tersendiri.

No comments:

Post a Comment