09 April 2016

Kurs: definisi menurut PSAK 10

daftar istilah akuntansi

Kurs adalah rasio pertukaran untuk dua mata uang.

Sumber: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 10 Pengaruh Perubahan Kurs Valuta Asing, paragraf 8 (PSAK 10.8)

Exchange rate is the ratio of exchange for two currencies.

Sources: International Accounting Standard 21 The Effects of Changes in Foreign Exchange Rates, paragraph 8 (IAS 21.8)

Penjelasan tambahan.

Untuk alasan praktis, kurs yang mendekati kurs aktual pada tanggal transaksi sering digunakan untuk menetukan nilai transaksi, sebagai contoh, kurs rata-rata untuk seminggu atau sebulan dapat digunakan untuk seluruh transaksi dalam valuta asing yang terjadi selama periode tersebut. Akan tetapi, jika kurs berfluktuasi secara signifikan, maka penggunaan kurs rata-rata untuk suatu periode adalah tidak tepat.

Selain itu, kurs juga digunakan untuk

  1. pos nonmoneter yang diukur dalam biaya historis dalam valuta asing dijabarkan menggunakan kurs pada tanggal transaksi;
  2. pos nonmoneter yang diukur pada nilai wajar dalam valuta asing dijabarkan menggunakan kurs pada tanggal ketika nilai wajar diukur.

Ketika tersedia beberapa kurs, kurs yang digunakan adalah kurs yang mana arus kas masa depan digambarkan oleh transaksi atau saldo dapat diselesaikan jika arus kas tersebut telah terjadi pada tanggal pengukuran. Jika kemungkinan pertukaran antar dua mata uang untuk sementara tidak cukup, maka kurs yang digunakan adalah kurs pertama berikutnya pada saat pertukaran dapat dilakukan.

No comments:

Post a Comment