14 April 2016

Pos moneter: definisi menurut PSAK 10

daftar istilah akuntansi

Pos moneter adalah unit mata uang yang dimiliki serta aset dan liabilitas yang akan diterima atau dibayarkan dalam jumlah unit mata uang yang tetap atau dapat ditentukan.

Sumber: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 10 Pengaruh Perubahan Kurs Valuta Asing, paragraf 8 (PSAK 10.8)

Monetary items are units of currency held and assets and liabilities to be received or paid in a fixed or determinable number of units of currency.

Sources: International Accounting Standard 21 The Effects of Changes in Foreign Exchange Rates, paragraph 8 (IAS 21.8)

Penjelasan tambahan.

Fitur utama pos moneter adalah hak untuk menerima (atau kewajiban untuk menyerahkan) sejumlah unit mata uang yang tetap atau dapat ditentukan. Sebagai contoh mencakup: pensiun dan imbalan kerja lain yang dibayar dalam kas, provisi yang diselesaikan secara kas, dan dividen kas yang diakui sebagai liabilitas. S

erupa dengan hal tersebut, kontrak untuk menerima (atau menyerahkan) jumlah bervariasi dari instrumen ekuitas yang dimiliki. oleh entitas atau jumlah bervariasi dari aset yang nilai wajarnya diterima (atau diserahkan) setara dengan sejumlah unit mata uang yang tetap atau dapat ditentukan merupakan pos moneter.

Sebaliknya, fitur utama pos nonmoneter adalah tidak adanya hak untuk menerima (atau kewajiban untuk menyerahkan) suatu jumlah unit mata uang yang tetap atau dapat ditentukan. Sebagai contoh mencakup: uang muka untuk barang dan jasa (contohnya sewa dibayar di muka), goodwill, aset takberwujud, persediaan, aset tetap, dan provisi yang diselesaikan dengan penyerahan aset nonmoneter (PSAK 10.16)

No comments:

Post a Comment