16 April 2016

Selisih kurs: definisi menurut PSAK 10

daftar istilah akuntansi

Selisih kurs adalah selisih yang dihasilkan dari penjabaran sejumlah tertentu satu mata uang ke dalam mata uang lain pada kurs yang berbeda.

Sumber: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 10 Pengaruh Perubahan Kurs Valuta Asing, paragraf 8 (PSAK 10.8)

Exchange difference is the difference resulting from translating a given number of units of one currency into another currency at different exchange rates.

Sources: International Accounting Standard 21 The Effects of Changes in Foreign Exchange Rates, paragraph 8 (IAS 21.8)

Penjelasan tambahan.

Selisih kurs yang timbul pada penyelesaian pos moneter atau pada proses penjabaran pos moneter pada kurs yang berbeda dari kurs pada saat pos moneter tersebut dijabarkan, pada pengakuan awal selama periode atau pada periode laporan keuangan sebelumnya, diakui dalam laba rugi pada periode saat terjadinya, kecuali sebagaimana dideskripsikan dalam paragraf 32. (PSAK 10,28)

Selisih kurs yang timbul pada pos moneter yang membentuk bagian dari investasi neto entitas pelapor dalam kegiatan usaha luar negeri diakui dalam laba rugi pada laporan keuangan tersendiri entitas pelapor sesuai dengan PSAK 4: Laporan Keuangan Tersendiri atau laporan keuangan individual kegiatan usaha luar negeri, mana yang tepat. Dalam laporan keuangan yang mencakup kegiatan usaha luar negeri dan entitas pelapor (contohnya laporan keuangan konsolidasian ketika kegiatan usaha luar negeri adalah entitas anak), selisih kurs diakui awalnya dalam penghasilan komprehensif lain dan direklasifikasi dari ekuitas ke laba rugi pada saat pelepasan investasi neto (PSAK 10,32).

No comments:

Post a Comment