Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2023

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pribadi Pajak atas penghasilan sehubungan dengan pekerjaan, jasa, dan kegiatan Contoh penghitungan PPh pasal 21 PPh

Risiko murni (pure risk): definisi

Istilah ini dikenal dalam bidang asuransi. Risiko murni atau pure risk adalah sejenis risiko yang mana kerugian atau break even adalah kemungkinan yang akan dialami; tak ada outcome lainnya yang bisa dimanfaatkan. Risiko murni terkait dengan kejadian-kejadian di luar kontrol seorang pengambil risiko. Dengan demikian, seseorang tidak mungkin secara sengaja mau menanggung risiko murni. Risiko murni adalah kebalikan dari risiko spekulatif.

Sebagai contoh, kemungkinan rumah seseorang rusak akibat bencana alam adalah risiko murni. Dalam hal ini, tidak mungkin akan ada manfaat yang bisa diambil dari terjadinya risiko tersebut.

Cara yang bisa ditempuh untuk menghindari risiko murni dalam contoh di atas adalah dengan membeli asuransi rumah yang akan melindungi pemiliknya dari risiko kehancuran akibat bencana.

Contoh lain risiko murni adalah mati muda atau cacat seumur hidup akibat kecelakaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22