31 December 2015

Kebijakan akuntansi (accounting policies): definisi menurut PSAK 25/IAS 8

Kebijakan akuntansi adalah prinsip, dasar, konvensi, peraturan, dan praktik tertentu yang
diterapkan entitas dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan.
Sumber: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 25 (PSAK 25) Kebijakan Akuntansi, Perubahan Estimasi Akuntansi, dan Kesalahan, paragraf 5

Accounting policies are the specific principles, bases, conventions, rules and practices applied by an entity in preparing and presenting financial statements.
Source: International Accounting Standard 8 (IAS 8) Accounting Policies, Changes in Accounting Estimates and Errors, paragraph 5.

Contoh kebijakan akuntansi. PSAK 14 Persediaan menyarankan penggunaan metode identifikasi khusus untuk menentukan biaya persediaan, jika metode itu bisa dipraktikkan. Persediaan juga bisa diukur menggunakan salah satu dari beberapa model biaya lain sejauh penerapannya konsisten, yang di antaranya adalah metode biaya rata-rata dan metode masuk pertama keluar pertama (biasa disebut metode FIFO). PSAK 14 secara tegas melarang penggunaan metode masuk terakhir keluar pertama (biasa disebut metode LIFO). Mengacu pada alternatif-alternatif metode yang diperbolehkan oleh PSAK 14, entitas menetapkan untuk menerapkan metode tertentu, misalnya metode FIFO. Penerapan metode tertentu oleh entitas itulah yang dimaksud dengan kebijakan akuntansi.

Contoh kebijakan akuntansi lainnya adalah:

  • Penentuan nilai minimum kapitalisasi item aset tetap.
  • Pemilihan model nilai wajar atau model biaya dalam pengukuran aset tak berwujud setelah pengakuan awal.
  • Penentuan apakah akan menggunakan opsi nilai wajar atau biaya diamortisasi untuk liabilitas keuangan jangka panjang.

Dalam praktik, entitas memiliki cukup banyak keleluasaan dalam menetapkan kebijakan akuntansi. Kebijakan akuntansi ditetapkan secara resmi oleh manajemen dan dijadikan sebagai salah satu pijakan auditor dalam menilai kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi keuangan dan prinsip akuntansi berterima umum.

Kebijakan akuntansi secara eksplisit didefinisikan dalam PSAK 25/IAS 8 karena standar akuntansi mengharuskan entitas untuk mengungkapkan kebijakan akuntansi yang digunakan dalam menyusun laporan keuangan.

Anda juga mungkin tertarik untuk membaca hirarkhi aturan akuntansi yang harus diikuti oleh perusahaan dalam memilih dan menetapkan kebijakan akuntansi.

No comments:

Post a Comment