Cara lapor pajak UKM | SPT tahunan pribadi 2018

cara lapor pajak ukm finalAnda yang memperoleh penghasilan dari kegiatan usaha dengan omzet tidak melebihi 4,8 milyar rupiah dalam satu tahun dikenai PPh bersifat final sebesar 1%. Penghitungan pajak terutang dilakukan setiap bulan dan pembayaran wajib dilakukan paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya.

Pajak UKM (PPh final 1%) dianggap sudah dilaporkan ketika Anda membayar dan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) sesuai tanggal validasi yang tercantum pada Surat Setoran Pajak atau Bukti Penerimaan Elektronik. Dengan demikian, Anda tidak perlu melaporkan SPT Masa lagi ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setiap bulan.


Ingin mahir menghitung pajak dan mengisi e-SPT?

brevet pajak unsoed purwokerto

Ikuti pelatihan Brevet Pajak Unsoed Purwokerto. Kunjungi halaman kami di Facebook untuk mendapatkan informasi pendaftaran, acara, dan aktivitas kami.


Bagaimana dengan kewajiban melaporkan SPT tahunan?

Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan wajib disampaikan oleh seluruh wajib pajak yang terdaftar, yaitu mereka yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Kewajiban melaporkan SPT tahunan itu berlaku baik bagi Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Wajib Pajak Badan. Dengan kata lain, tidak adanya kewajiban melaporkan SPT masa pajak UKM 1% bukan berarti gugurnya kewajiban lapor SPT tahunan sebagai Wajib Pajak.

Artikel ini menjelaskan langkah demi langkah cara mengisi dan melaporkan SPT tahunan bagi Anda wajib pajak pribadi yang memiliki usaha dengan peredaran bruto tidak melebihi Rp4,8 miliar, yang oleh karenanya dikenakan PPh final 1%.

Langkah #1: melaporkan diri sebagai wajib pajak dan memperoleh NPWP

Banyak orang enggan melaporkan diri sebagai Wajib Pajak dan tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), meskipun mereka sudah memenuhi syarat. Anda pemilik NPWP memang memiliki kewajiban, bukan hanya membayar pajak, tetapi juga melaporkan hak dan kewajiban perpajakan itu dengan sarana yang disebut Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan.

Apa itu NPWP? NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Anda yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP paling lama satu bulan sejak usaha mulai dijalankan, yaitu mana yang terjadi lebih dahulu antara pendirian usaha dengan usaha nyata-nyata mulai dijalankan.

Sebagai contoh, Nagita Slavina membuka usaha restoran pada tanggal 1 Januari 2018. Ijin kegiatan usaha baru terbit pada tanggal 1 Maret 2018. Nagita Slavina wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP paling lambat tanggal 1 Februari 2018.

Selain NPWP, Anda juga harus mempunyai Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Apa itu SKT? SKT adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pajak sebagai pemberitahuan bahwa Wajib Pajak terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak tertentu yang berisikan antara lain NPW dan kewajiban-kewajiban perpajakan Wajib Pajak.

Langkah #2: melakukan pencatatan peredaran bruto dengan tertib dan rapi

Dalam sistem perpajakan di Indonesia, pencatatan dan pembukuan memiliki tujuan yang sama, yaitu merekam kegiatan usaha sehingga Anda selaku Wajib Pajak bisa menghitung sendiri jumlah pajak penghasilan yang terutang.

Yang dimaksud pencatatan adalah praktik merekam penghasilan yang Anda peroleh secara konsisten setiap bulan, sehingga Anda tahu berapa jumlah penghasilan yang diterima setiap bulan, dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung seperti tembusan nota, kuitansi, atau faktur tagihan yang Anda keluarkan untuk pelanggan. Pencatatan lebih mudah daripada pembukuan, tetapi kurang akurat. Karena itulah, hanya Wajib Pajak pribadi yang diperbolehkan melakukan pencatatan.

Contoh template Excel untuk mencatat peredaran bruto bulanan disajikan sebagai berikut:

contoh template Excel untuk mencatat peredaran bruto bulanan

Selain melakukan pencatatan peredaran bruto harian, Anda juga sebaiknya mengarsipkan semua dokumen pendukung dengan rapi. Contoh dokumen pendukung adalah tembusan nota atau print-out register kas.

(bersambung)


Comments

Popular posts from this blog

Contoh jurnal dan laporan keuangan perusahaan jasa

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Kekuasaan atas pengelolaan keuangan negara menurut UU No. 17 Tahun 2003

Neraca: laporan posisi keuangan

Risiko murni (pure risk): definisi

Risiko spekulatif (speculative risk): definisi

Siklus akuntansi: tahap-tahap proses akuntansi

Penyusunan dan penetapan APBN dan APBD menurut UU No. 17 Tahun 2003

Persediaan: definisi menurut PSAK 14/IAS 2

Pengendalian internal: definisi, komponen, dan prinsip