24 January 2016

Jaringan telekomunikasi, Internet, dan teknologi nirkabel

sistem informasi

Internet adalah jaringan global yang di dalamnya sendiri terdiri dari jaringan-jaringan yang menggunakan model komputasi client/server dan model referensi jaringan TCP/IP. Setiap komputer di Internet memiliki satu IP address yang unik berupa angka. Domain Name System (DNS) mengkonversi IP addresses menjadi nama-nama domain yang lebih mudah dikenali pengguna. Kebijakan Internet secara global ditetapkan oleh organisasi-organisasi dan badan-badan pemerintah, seperti Internet Architecture Board (IAB) dan World Wide Web Consortium (W3C).


Materi ini adalah bagian dari
modul sistem informasi manajemen (SIM)
yang disusun oleh Warsidi


Apa sajakah komponen utama jaringan telekomunikasi dan teknologi jaringan?

Jaringan komputer yang sederhana terdiri atas dua atau lebih komputer yang terkoneksi. Komponen-komponen dasarnya mencakup komputer (server dan client), antarmuka jaringan, medium koneksi, perangkat lunak sistem operasi jaringan, serta satu hub atau switch.

jaringan komputer sederhana

Infrastruktur jaringan untuk satu perusahaan besar mencakup sistem telepon, komunikasi seluler, local area networks (LAN) nirkabel, videoconferencing system, Web site perusahaan, intranet, ekstranet, serta wide area networks (WAN), termasuk Internet.

Teknologi jaringan kontemporer dibentuk oleh adanya client/server computing, penggunaan packet switching, serta pengadopsian Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) sebagai salah satu standar komunikasi universal untuk menghubungkan jaringan-jaringan dan komputer-komputer yang terpisah satu sama lain, termasuk Internet. Protokol merupakan satu set kaidah/aturan bersama yang menjadikan komunikasi bisa terjadi antar-komponen terpisah dalam satu jaringan telekomunikasi.

Apa sajakah jenis-jenis jaringan?

Media transmisi fisik yang utama adalah twisted copper telephone wire, coaxial copper cable, fiber-optic cable, dan wireless transmission.

Local area network (LAN) menghubungkan komputer dan alat-alat digital lainnya secara bersama-sama dalam radius 500 meter dan digunakan oleh banyak perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan komputer (computing tasks). Wide area network (WAN) menjangkau rentang geografis yang lebih jauh, dari beberapa mil hingga benua, dan biasanya merupakan jaringan tertutup (private network) yang dikelola secara independen. Metropolitan area network (MAN) menjangkau satu area perkotaan.

Teknologi digital subscriber line (DSL), koneksi Internet melalui kabel, dan T1 lines biasanya digunakan untuk koneksi Internet berkapasitas tinggi.

Bagaimanakah Internet dan teknologi Internet bekerja, serta bagaimanakah Internet dan teknologi Internet mendukung komunikasi dan e-business?

Internet merupakan jaringan global yang di dalamnya sendiri terdiri dari jaringan-jaringan yang menggunakan model komputasi client/server dan model referensi jaringan TCP/IP. Setiap komputer di Internet memiliki satu IP address yang unik berupa angka. Domain Name System (DNS) mengkonversi IP addresses menjadi nama-nama domain yang lebih mudah dikenali pengguna. Kebijakan Internet secara global ditetapkan oleh organisasi-organisasi dan badan-badan pemerintah, seperti Internet Architecture Board (IAB) dan World Wide Web Consortium (W3C).

Layanan-layanan Internet yang utama mencakup e-mail, newsgroups, chatting, instant messaging, Telnet, FTP, dan Web. Laman Web didasarkan pada Hypertext Markup Language (HTML) yang bisa menampilkan teks, gambar, video, dan audio. Web site directory, search engines, dan teknologi RSS membantu pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan di Web. RSS, blog, social networking, dan wiki merupakan fitur-fitur Web 2.0.

Perusahaan juga mulai menyadari penghematan penggunaan teknologi VoIP untuk transmisi suara serta penggunaan virtual private network (VPN) sebagai alternatif yang lebih murah daripada WAN tertutup.

Apa sajakah teknologi dan standar yang utama untuk jaringan, komunikasi, dan akses Internet nirkabel?

Jaringan seluler tengah berkembang menjadi transmisi berkecepatan tinggi, ber-bandwidth tinggi, dengan digital packet-switched. Jaringan broadband 3G mampu mentransmisi data dengan kecepatan dari 144 Kbps hingga lebih dari 2 Mbps. Jaringan 4G mampu mentransmisi data dengan kecepatan 100 Mbps.

Standar-standar seluler yang utama meliputi Code Division Multiple Access (CDMA), yang digunakan terutama di Amerika Serikat, dan Global System for Mobile Communications (GSM), yang menjadi standar di Eropa dan di banyak belahan dunia lainnya.

Standar-standar untuk jaringan komputer nirkabel adalah Bluetooth (802.15) untuk personal area networks (PAN) skala kecil, Wi-Fi (802.11) untuk local area network (LAN), dan WiMax (802.16) untuk metropolitan area networks (MAN).

Sistem radio frequency identification (RFID) merupakan teknologi canggih untuk melacak pergerakan barang dengan menggunakan tag-tag kecil yang berisi data suatu item serta lokasinya. RFID reader membaca sinyal radio yang ditransmisikan oleh tag-tag itu dan melewatkan data itu melalui jaringan ke komputer untuk diproses. Wireless sensor network (WSN) adalah jaringan alat-alat sensor dan transmisi nirkabel yang saling terkoneksi satu sama lain yang dilekatkan pada lingkungan fisik untuk menyediakan pengukuran banyak poin dalam rentang ruang yang luas.

No comments:

Post a Comment