18 January 2016

Sistem informasi manajemen (SIM)

sistem informasi manajemen

Sistem informasi manajemen adalah satu set komponen yang berinteraksi satu sama lain untuk mengubah data menjadi informasi yang bermanfaat bagi manajemen untuk mengambil keputusan. Komponen sistem informasi mencakup manusia sebagai perancang, pengoperasi, dan pengguna sistem, perangkat keras, perangkat lunak, serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang secara bersama-sama mendukung pencapaian tujuan sistem informasi, yaitu menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pengambil keputusan.

Sebagian besar data yang diproses oleh sistem informasi di dalam perusahaan berasal dari sistem pemrosesan transaksi. Sebagai contoh, data penjualan yang dikumpulkan oleh sistem point-of-sale diringkas menjadi menurut bulan sehingga diperoleh informasi pada bulan-bulan apakah dalam satu tahun perusahaan mengalami lonjakan permintaan dari kustomer. Data dari sistem point-of-sale juga bisa diringkas menurut tenaga penjualan atau cabang sehingga manajer bisa menilai tenaga penjualan atau cabang yang mana yang paling berprestasi.


Setelah beberapa tahun  ini saya mengajar mata kuliah sistem informasi manajemen, akhirnya saya memutuskan untuk menyediakan materi sistem informasi manajemen (SIM) dalam blog ini. Penyiapan materi akan dilakukan secara bertahap dengan model wiki dengan menggunakan referensi utama buku sistem informasi manajemen yang ditulis oleh Laudon & Laudon (2016) berjudul Management Information Systems: Managing The Digital Firm.

Buku sistem informasi manajemen tersebut terdiri dari 4 bagian (15 bab):

Bagian satu; Organisasi, manajemen, dan jaringan bisnis

  • Sistem informasi: definisi, tren teknologi terkini, dan disiplin ilmu terkait
    membahas definisi, cara kerja, dan komponen sistem informasi, pentingnya sistem informasi dalam menjalankan dan mengelola bisnis, tren teknologi informasi terkini, serta disiplin ilmu-disiplin ilmu terkait sistem informasi.
  • Proses bisnis, sistem informasi, dan kolaborasi
    membahas definisi proses bisnis, peran sistem informasi dalam melayani berbagai kelompok manajemen dalam perusahaan, keterkaitan sistem informasi dengan peningkatan kinerja organisasi, pentingnya sistem informasi untuk kolaborasi dan social business, serta peran departemen sistem informasi dalam suatu perusahaan.
  • Keterkaitan sistem informasi, perusahaan, dan strategi
    membahas keterkaitan karakteristik organisasi dengan efektivitas pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi, pengaruh sistem informasi terhadap strategi bersaing organisasi, tantangan sistem informasi dalam mendukung strategi dan cara menghadapinya.
  • Isu etika dan isu sosial terkait sistem informasi
    membahas isu etika, isu sosial, dan isu politik terkait sistem informasi, prinsip perilaku sebagai pedoman pengambilan keputusan terkait etika,, tantangan baru terkait teknologi sistem informasi dan Internet, serta dampak hukum sistem informasi,

Bagian dua: Infrastruktur teknologi informasi

  • Infrastruktur teknologi informasi dan teknologi-teknologi terkini pendukung sistem informasi
    membahas infrastruktur teknologi informasi, tahap dan pendorong evolusi infrastruktur teknologi informasi, komponen infrastruktur teknologi informasi, tren terkini platform perangkat keras dan perangkat lunak komputer, dan tantangan pengelolaan infrastruktur teknologi informasi dan solusinya.
  • Fondasi business intelligence: database dan manajemen informasi
    membahas definisi dan kemampuan database management system (DBMS), terutama DBMS relasional, alat dan teknologi utama untuk mengakses informasi dari database, serta pentingnya kebijakan informasi, administrasi data, dan penjaminan kualitas data.
  • Jaringan telekomunikasi, Internet, dan teknologi nirkabel
    membahas komponen-komponen utama jaringan telekomunikasi dan teknologi jaringan, jenis-jenis jaringan, teknologi dan standar jaringan komunikasi dan akses Internet nirkabel.
  • Keamanan sistem informasi
    membahas kerentanan sistem informasi terhadap kerusakan, kesalahan, dan penyalahgunaan, nilai bisnis keamanan dan pengendalian sistem informasi, komponen-komponen kerangka kerja keamanan dan pengendalian organisasi, serta alat-alat dan teknologi keamanan sistem informasi.

Bagian tiga: Aplikasi-aplikasi sistem dalam era digital

  • Pencapaian keunggulan operasi dan keintiman dengan kustomer
    membahas konsep enterprise system, sistem manajemen rantai pasokan, customer relationship management (CRM) system, tantangan yang dihadapi enterprise applications serta peluang yang ditawarkan oleh teknologi-teknologi terkini.
  • E-Commerce: pasar digital, barang digital
    membahas fitur-fitur unik e-commerce, pasar digital, dan barang digital, model bisnis dan model pendapatan e-commerce, pengaruh e-commerce terhadap pemasaran, pengaruh e-commerce terhadap transaksi antar-perusahaan, peran m-commerce dalam bisnis dan aplikasi-aplikasi utama pendukung m-commerce, masalah-masalah pengembangan e-commerce,
  • Manajemen pengetahuan
    membahas peran sistem manajemen pengetahuan dalam bisnis, konsep knowledge work system, intelligent techniques, serta manfaatnya dalam manajemen pengetahuan.
  • Sistem informasi dan pengambilan keputusan
    membahas jenis-jenis keputusan dan cara kerja proses pengambilan keputusan serta peran sistem informasi, termasuk business intelligence dan business analytics  dalam mendukung aktivitas manajer dan pengambilan keputusan manajemen.

Bagian empat: Pengembangan dan pengelolaan sistem

  • Pengembangan sistem informasi
    membahas keterkaitan pengembangan sistem informasi baru dengan perubahan organisasi, aktivitas inti dalam proses pengembangan sistem informasi, metodologi pemodelan dan desain sistem informasi, metode-metode pengembangan sistem informasi, serta teknologi terkini pengembangan sistem informasi.
  • Manajemen poyek pengembangan sistem informasi
    membahas tujuan manajemen proyek dan pentingnya manajemen proyek dalam pengembangan sistem informasi, evaluasi proyek pengembangan sistem informasi, serta faktor-faktor risiko dalam proyek pengembangan sistem informasi.
  • Manajemen sistem informasi global
    membahas faktor-faktor pendorong internasionalisasi bisnis, alternatif-alternatif strategi pengembangan bisnis global, serta tantangan-tantangan dan solusi pengembangan sistem informasi global.

Penyusunan materi sistem informasi manajemen ini dilakukan bertahap. Pada tahap awal, saya akan menyadur bagian ringkasan (summary) dari tiap-tiap bab buku sistem informasi manajemen yang ditulis oleh Laudon & Laudon (2016). Ringkasan tersebut terutama dimaksudkan sebagai kerangka kerja (framework) untuk pengembangan rincian materi lebih lanjut. Saya memilih menggunakan buku sistem informasi manajemen Laudon & Laudon (2016) karena buku tersebut menyajikan topik-topik terkini dan teknologi terkini dalam bidang sistem informasi manajemen.

Pada tahap-tahap selanjutnya, rincian materi bisa saja diambil dari textbook lain atau data sekunder yang tersedia di Internet.

No comments:

Post a Comment