26 January 2016

Infrastruktur teknologi informasi dan teknologi terkini yang mendukung sistem informasi

sistem informasi manajemen (SIM)

Infrastruktur teknologi informasi adalah sumber daya teknologi yang digunakan bersama yang menjadi platform bagi aplikasi sistem informasi tertentu di dalam perusahaan. Infrastruktur teknologi informasi mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang digunakan bersama di dalam perusahaan.


Materi ini adalah bagian dari
modul sistem informasi manajemen (SIM)
yang disusun oleh Warsidi


Apakah yang dimaksud dengan infrastruktur teknologi informasi dan apa sajakah tahap-tahap dan pendorong evolusi infrastruktur teknologi informasi?

Dari perspektif bisnis, teknologi informasi mencakup semua perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang diperlukan perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan bisnisnya. Teknologi informasi tidak hanya mencakup mesin komputer, media penyimpanan, dan piranti mobile, tetapi juga mencakup perangkat keras, seperti sistem operasi Windows atau sistem operasi Linux, aplikasi-aplikasi Microsoft Office, serta beraneka ragam program komputer lainnya yang digunakan perusahaan.

Infrastruktur teknologi informasi adalah sumber daya teknologi yang digunakan bersama yang menjadi platform bagi aplikasi sistem informasi tertentu di dalam perusahaan. Infrastruktur teknologi informasi mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang digunakan bersama di dalam perusahaan.

Lima tahap evolusi infrastruktur teknologi informasi meliputi: era mainframe, era komputer pribadi, era client/server, era enterprise computing, dan era cloud & mobile computing.

Hukum Moore memperhitungkan dua hal, yaitu peningkatan kemampuan pemrosesan secara eksponensial dan penurunan biaya/harga teknologi komputer, menyatakan bahwa setiap 18 bulan kemampuan microprocessor akan meningkat dua kali lipat sedangkan harga komputer turun setengahnya. Law of Mass Digital Storage memperhitungkan penurunan biaya/harga media penyimpanan secara eksponensial, menyatakan bahwa jumlah kilobyte data yang bisa disimpan dalam media magnetik seharga $1 akan meningkat dua kali lipat setiap 15 bulan. Hukum Metcalfe menyatakan bahwa nilai suatu jejaring bagi para partisipannya akan meningkat secara eksponensial seiring dengan semakin banyaknya anggota jejaring itu. Penurunan drastis biaya komunikasi serta tumbuhnya kesepakatan dalam industri teknologi untuk menggunakan standar komputasi dan komunikasi juga mendorong meluasnya penggunaan komputer secara dramatis.

 

Apa sajakah komponen-komponen infrastruktur teknologi informasi?

Komponen-komponen utama infrastruktur teknologi informasi mencakup platform perangkat keras komputer, platform sistem operasi, platform perangkat lunak di tingkat enterprise, platform jaringan dan telekomunikasi, perangkat lunak pengelola database, platform Internet, serta layanan konsultasi dan integrator sistem.

 

Apakah tren terkini platform perangkat keras komputer?

Istilah quantum computing mengacu pada satu teknologi yang sedang berkembang yang bisa meningkatkan kemampuan pemrosesan secara dramatis dengan kemampuannya untuk berada dalam lebih dari satu keadaan pada saat yang sama.

Konsumerisasi teknologi informasi (consumerization of information technology) adalah penggunaan teknologi informasi oleh perusahaan yang melandaskan eksistensinya di pasar konsumen. Virtualisasi (virtualization) menata sumber daya komputasi sehingga penggunaannya tidak dibatasi oleh konfigurasi secara fisik atau lokasi geografik.

Dalam cloud computing, perusahaan dan individu memperoleh kemampuan komputasi dan perangkat lunak sebagai layanan melalui suatu jaringan, termasuk Internet, bukan dengan membeli dan menginstal perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer mereka.

Multicore processor adalah microprocessor yang memiliki dua atau lebih processing core untuk meningkatkan kinerjanya.

Istilah green computing mengacu pada praktik dan teknologi untuk menghasilkan, menggunakan, dan membuang perangkat keras teknologi informasi untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

 

Apakah tren terkini platform perangkat lunak komputer?

Open source software dihasilkan dan dipelihara oleh komunitas global yang terdiri dari programer dan biasanya bisa diunduh secara gratis. Linux adalah sistem operasi yang canggih tetapi fleksibel yang dikembangkan secara open source dan bisa digunakan pada berbagai platform perangkat keras. Linux banyak digunakan untuk menjalankan server Web.

Java adalah bahasa pemrograman yang tidak tergantung pada sistem operasi danperangkat keras yang menjadi environment pemrograman untuk Web.

HTML5 memungkinkan ditampilkannya gambar, suara, dan video secara langsung pada dokumen Web tanpa add-on program.

Web service adalah komponen perangkat lunak tambahan yang didasarkan pada open Web standards yang bisa bekerja dengan perangkat lunak aplikasi dan sistem operasi apapun. Web service bisa digunakan sebagai komponen aplikasi berbasis Web yang menghubungkan sistem dari dua organisasi berbeda atau menghubungkan sistem-sistem terpisah dari satu perusahaan.

Perusahaan membeli aplikasi perangkat lunak baru dari sumber luar, yang bisa berupa paket perangkat lunak, dengan memesan pengembangan aplikasi khusus kepada vendor eksternal, atau dengan menyewa layanan perangkat lunak online (SaaS). Mashups menggabungkan dua layanan perangkat lunak yang berbeda untuk menciptakan aplikasi dan layanan perangkat lunak baru. Apps adalah perangkat lunak kecil yang bisa dijalankan di Internet, di komputer, atau di telepon seluler dan umumnya dikirimkan melalui Internet.

 

Apakah tantangan-tantangan yang dihadapi dalam mengelola infrastruktur teknologi informasi serta bagaimana solusinya?

Tantangan-tantangan terbesar mencakup penanganan perubahan platform dan infrastruktur, manajemen dan tata kelola infrastruktur, serta pengambilan keputusan investasi infrastruktur yang bijaksana. Panduan solusi mencakup penggunaan model kekuatan persaingan untuk menentukan berapa banyak yang harus dikeluarkan untuk infrastruktur teknologi informasi dan di mana melakukan investasi infrastruktur strategik, serta dengan menetapkan total cost of ownership (TCO) aset teknologi informasi. Total biaya untuk memiliki sumber daya teknologi tidak hanya mencakup harga perangkat keras dan perangkat lunak komputer tetapi juga biaya upgrade, pemeliharaan, dukungan teknis, serta pelatihan terkait perangkat keras dan perangkat lunak yang diperoleh.

No comments:

Post a Comment