19 January 2016

Manajemen pengetahuan

sistem informasi manajemen (SIM)

Manajemen pengetahuan (knowledge management) adalah satu set proses untuk menciptakan, menyimpan, mentransfer, dan menerapkan pengetahuan dalam organisasi. Nilai perusahaan banyak tergantung pada kemampuannya menciptakan dan mengelola pengetahuan.


Materi ini adalah bagian dari
modul sistem informasi manajemen (SIM)
yang disusun oleh Warsidi


Apakah peran sistem manajemen pengetahuan dalam bisnis?

Manajemen pengetahuan (knowledge management) adalah satu set proses untuk menciptakan, menyimpan, mentransfer, dan menerapkan pengetahuan dalam organisasi. Nilai perusahaan banyak tergantung pada kemampuannya menciptakan dan mengelola pengetahuan. Manajemen pengetahuan mendorong organisasi belajar dengan meningkatkan kemampuan organisasi untuk belajar dari lingkungannya dan untuk memasukkan pengetahuan ke dalam proses-proses bisnisnya. Sistem manajemen pengetahuan mencakup tiga tipe utama: (1) enterprise-wide knowledge management systems, (2) knowledge work systems, dan (3) intelligent techniques.

Apa sajakah jenis-jensi sistem yang digunakan dalam manajemen pengetahuan pada tingkat enterprise dan bagaimana sistem-sistem itu memberikan nilai bagi perusahaan?

Enterprise-wide knowledge management system adalah upaya menyeluruh di dalam perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan konten dan pengetahuan digital. Enterprise content management system menyediakan database dan alat-alat untuk menata dan menyimpan dokumen terstruktur serta alat-alat untuk menata dan menyimpan pengetahuan semi-terstruktur, seperti e-mail atau rich media. Knowledge network system merupakan direktori dan alat-alat untuk menemukan karyawan yang memiliki keahlian khusus yang bisa menjadi sumber teknologi yang belum diketahui secara luas. Knowledge network system biasanya mencakup alat-alat kolaborasi kelompok (yang mencakup wiki dan social bookmarking), portal untuk mempermudah akses informasi, alat pencarian (search tools), serta alat-alat untuk mengklasifikasi informasi berdasarkan pada suatu taksonomi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Enterprise-wide knowledge management system mampu memberikan nilai yang sangat besar jika sistem itu dirancang dengan baik dan menjadikan karyawan mampu menemukan, berbagi, dan menggunakan pengetahuan secara lebih efisien.

Apakah tipe-tipe utama knowledge work system dan bagaimana sistem itu memberikan nilai bagi perusahaan?

Knowledge work system (KWS) mendukung penciptaan pengetahuan baru serta integrasi pengetahuan baru itu dengan organisasi. KWS mengharuskan kemudahan akses terhadap basis pengetahuan eksternal; perangkat keras komputer canggih yang mampu mendukung perangkat lunak yang intensif menggunakan grafik, analisis, manajemen dokumen, serta kapabilitas komunikasi; dan tampilan yang ramah dengan pengguna. Computer-aided design (CAD) system, dikenal juga sebagai aplikasi penggandaan realitas (augmented reality applications), dan virtual reality system, yang menciptakan simulasi interaktif yang berperilaku seperti dunia nyata, mengharuskan kapabilitas pemodelan grafis yang canggih. KWS bagi profesi keuangan memungkinkan akses ke database-database eksternal serta kemampuan menganalisis data keuangan dalam jumlah besar dengan sangat cepat.

Apakah manfaat penggunaan intelligent techniques dalam manajemen pengetahuan?

Artificial intelligence (kecerdasan buatan) tidak memiliki fleksiblitas, keluasan, dan generalitas seperti kecerdasan manusia, tetap artificial intelligence bisa digunakan untuk menangkap, mengkodifikasi, dan memperluas pengetahuan organisasi. Expert system menangkap pengetahuan implisit dari satu domain terbatas keahlian manusia dan mengungkapkan pengetahuan itu dalam bentuk aturan/kaidah. Expert system sangat bermanfaat dalam menangani masalah klasifikasi atau diagnosis. Case-based reasoning merepresentasikan pengetahuan organisasi menjadi satu database kasus yang bisa diperluas dan diperhalus secara kontinu.

Fuzzy logic adalah teknologi perangkat lunak untuk mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk aturan yang menggunakan nilai-nilai perkiraan atau subyektif. Fuzzy logic telah digunakan untuk mengendalikan piranti-piranti fisik dan kini mulai digunakan dalam aplikasi-aplikasi pengambilan keputusan.

Machine learning mengacu pada kemampuan program komputer untuk secara otomatis belajar dan memperbaiki pengalaman. Neural network terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak yang dimaksudkan untuk meniru proses berpikir otak manusia. Neural network memiliki fitur yang sangat canggih dengan kemampuannya belajar tanpa pemrograman serta kemampuan mengenali pola yang tidak bisa dengan mudah diuraikan oleh manusia. Neural network kini digunakan dalam ilmu pengetahuan, pengobatan, dan perusahaan untuk membedakan pola-pola dalam data yang berjumlah besar.

Genetic algorithms mengembangkan solusi atas masalah-masalah tertentu dengan menggunakan proses-proses yang didasarkan pada proses genetis seperti fitness, crossover, dan mutasi. Genetic algorithms mulai diterapkan untuk masalah-masalah terkait optimalisasi, desain produk, dan pemantauan sistem-sistem industri yang mengharuskan evaluasi atas banyak alternatif atau variabel untuk menghasilkan solusi yang optimal.

Intelligent agent adalah program perangkat lunak dengan basis pengetahuan yang tertanam (built-in) atau melalui proses belajar yang melaksanakan tugas-tugas tertentu untuk seorang individu pengguna, satu proses bisnis, atau aplikasi perangkat lunak. Intelligent agent bisa diprogram untuk melakukan navigasi data dalam jumlah besar untuk menemukan informasi yang bermanfaat dan bisa juga bertindak atas informasi yang ditemukannya untuk kepentingan pengguna.

No comments:

Post a Comment