Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2024

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. WSD kembali menyelenggarakan Brevet Pajak dan Kursus Akuntansi Praktis! Hubungi admin (WhatsApp) untuk info lebih lanjut. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pr

Manajemen pengetahuan

sistem informasi manajemen (SIM)

Manajemen pengetahuan (knowledge management) adalah satu set proses untuk menciptakan, menyimpan, mentransfer, dan menerapkan pengetahuan dalam organisasi.

Pengertian manajemen pengetahuan tersebut menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan sangat erat terkait dengan kolaborasi. Pengetahuan akan bermanfaat ketika dikomunikasikan dan dibagikan kepada pihak-pihak terkait, baik di dalam maupun di luar organisasi.

Dalam perekonomian yang berbasis informasi dewasa ini, produksi dan distribusi pengetahuan menjadi sumber utama kekayaan dan kemakmuran. Riset menunjukkan sebagian nilai pasar saham terkait dengan aset tak berwujud, yang berupa pengetahuan, merek, reputasi, dan proses bisnis yang unik.


Materi ini adalah bagian dari
modul sistem informasi manajemen (SIM)
yang disusun oleh Warsidi


Apakah peran sistem manajemen pengetahuan dalam bisnis?

Manajemen pengetahuan (knowledge management) adalah proses-proses yang dimaksudkan untuk menciptakan, menyimpan, mentransfer, dan menerapkan pengetahuan dalam organisasi. Nilai perusahaan banyak tergantung pada kemampuannya menciptakan dan mengelola pengetahuan. Manajemen pengetahuan mendorong organisasi belajar dengan meningkatkan kemampuan organisasi untuk belajar dari lingkungannya dan untuk memasukkan pengetahuan ke dalam proses bisnis.

Tiga jenis utama sistem manajemen pengetahuan adalah: (1) enterprise-wide knowledge management systems, (2) knowledge work systems, dan (3) intelligent techniques.

Sistem manajemen pengetahuan enterprise

Sistem manajemen pengetahuan enterprise (enterprise-wide knowledge management system) adalah upaya menyeluruh di dalam perusahaan yang secara umum dimaksudkan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan konten digital dan pengetahuan.

Enterprise content management system menyediakan database dan alat-alat untuk menata dan menyimpan dokumen terstruktur serta alat-alat untuk menata dan menyimpan pengetahuan semi-terstruktur, seperti e-mail atau rich media.

Knowledge network system merupakan direktori dan alat-alat untuk menemukan karyawan yang memiliki keahlian khusus yang bisa menjadi sumber teknologi yang belum diketahui secara luas. Knowledge network system biasanya mencakup alat-alat kolaborasi kelompok (yang mencakup wiki dan social bookmarking), portal untuk mempermudah akses informasi, alat pencarian (search tools), serta alat-alat untuk mengklasifikasi informasi berdasarkan pada suatu taksonomi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Enterprise-wide knowledge management system mampu memberikan nilai yang sangat besar jika sistem itu dirancang dengan baik dan menjadikan karyawan mampu menemukan, berbagi, dan menggunakan pengetahuan secara lebih efisien.

Sistem kerja pengetahuan

Sistem kerja pengetahuan (knowledge work system - KWS) mendukung penciptaan pengetahuan baru serta integrasi pengetahuan baru itu dengan organisasi. KWS mengharuskan kemudahan akses terhadap basis pengetahuan eksternal; perangkat keras komputer canggih yang mampu mendukung perangkat lunak yang intensif menggunakan grafik, analisis, manajemen dokumen, serta kapabilitas komunikasi; dan tampilan yang ramah dengan pengguna.

Computer-aided design (CAD) system, dikenal juga sebagai aplikasi penggandaan realitas (augmented reality applications), dan virtual reality system, yang menciptakan simulasi interaktif yang berperilaku seperti dunia nyata, mengharuskan kapabilitas pemodelan grafis yang canggih.

KWS bagi profesi keuangan memungkinkan akses ke database-database eksternal serta kemampuan menganalisis data keuangan dalam jumlah besar dengan sangat cepat.

Apakah manfaat penggunaan intelligent techniques dalam manajemen pengetahuan?

Artificial intelligence (kecerdasan buatan) tidak memiliki fleksiblitas, keluasan, dan generalitas seperti kecerdasan manusia, tetap artificial intelligence bisa digunakan untuk menangkap, mengkodifikasi, dan memperluas pengetahuan organisasi. Expert system menangkap pengetahuan implisit dari satu domain terbatas keahlian manusia dan mengungkapkan pengetahuan itu dalam bentuk aturan/kaidah. Expert system sangat bermanfaat dalam menangani masalah klasifikasi atau diagnosis. Case-based reasoning merepresentasikan pengetahuan organisasi menjadi satu database kasus yang bisa diperluas dan diperhalus secara kontinu.

Fuzzy logic adalah teknologi perangkat lunak untuk mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk aturan yang menggunakan nilai-nilai perkiraan atau subyektif. Fuzzy logic telah digunakan untuk mengendalikan piranti-piranti fisik dan kini mulai digunakan dalam aplikasi-aplikasi pengambilan keputusan.

Machine learning mengacu pada kemampuan program komputer untuk secara otomatis belajar dan memperbaiki pengalaman. Neural network terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak yang dimaksudkan untuk meniru proses berpikir otak manusia. Neural network memiliki fitur yang sangat canggih dengan kemampuannya belajar tanpa pemrograman serta kemampuan mengenali pola yang tidak bisa dengan mudah diuraikan oleh manusia. Neural network kini digunakan dalam ilmu pengetahuan, pengobatan, dan perusahaan untuk membedakan pola-pola dalam data yang berjumlah besar.

Genetic algorithms mengembangkan solusi atas masalah-masalah tertentu dengan menggunakan proses-proses yang didasarkan pada proses genetis seperti fitness, crossover, dan mutasi. Genetic algorithms mulai diterapkan untuk masalah-masalah terkait optimalisasi, desain produk, dan pemantauan sistem-sistem industri yang mengharuskan evaluasi atas banyak alternatif atau variabel untuk menghasilkan solusi yang optimal.

Intelligent agent adalah program perangkat lunak dengan basis pengetahuan yang tertanam (built-in) atau melalui proses belajar yang melaksanakan tugas-tugas tertentu untuk seorang individu pengguna, satu proses bisnis, atau aplikasi perangkat lunak. Intelligent agent bisa diprogram untuk melakukan navigasi data dalam jumlah besar untuk menemukan informasi yang bermanfaat dan bisa juga bertindak atas informasi yang ditemukannya untuk kepentingan pengguna.

Komentar

  1. Hi, I check your blog on a regular basis. Latest ssc-chsl Jobs
    Your story-telling style is awesome, keep it up for your good work! Latest ssc jobs

    BalasHapus

  2. I'm a professional blogger i want to write a high
    quality guest post for your site. I've wrote many
    blogs for www.livequranforkids.com. you can check.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22