24 November 2015

Definisi dan peran pasar yang paling menguntungkan (most advantegous market) dalam pengukuran nilai wajar (PSAK 68/IFRS 13)

Pasar yang paling menguntungkan (most advantegous market) adalah pasar yang memaksimalkan jumlah yang akan diterima untuk menjual aset atau meminimalkan jumlah yang akan dibayar untuk mengalihkan liabilitas, setelah memperhitungkan biaya transaksi dan biaya transpor.
Sumber: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 68 Pengukuran Nilai Wajar, Lampiran A (PSAK 68.A).

Most advantageous market is the market that maximises the amount that would be received to sell the asset or minimises the amount that would be paid to transfer the liability, after taking into account transaction costs and transport costs.
Source: International Financial Reporting Standard 13 Fair Value Measurement, Appendix A (IFRS 13.A).

Penjelasan tambahan. Nilai wajar merupakan ukuran atau angka dalam akuntansi yang ditentukan berbasis pasar. Pengukuran nilai wajar mengasumsikan bahwa transaksi untuk menjual aset atau mengalihkan liabilitas terjadi (PSAK 68.16):

  1. di pasar utama (principal market) untuk aset atau liabilitas tersebut; atau
  2. di pasar yang paling menguntungkan (most advantegous market) untuk aset atau liabilitas tersebut, jika tidak terdapat pasar utama.

Dengan kata lain, nilai wajar adalah harga yang akan diterima untuk menjual suatu aset atau harga yang akan dibayar untuk mengalihkan suatu liabilitas dalam transaksi teratur di pasar utama (atau pasar yang paling menguntungkan) pada tanggal pengukuran dalam kondisi pasar saat ini (yaitu harga keluar) terlepas apakah harga tersebut dapat diobservasi secara langsung atau diestimasi menggunakan teknik penilaian lain (PSAK 68.24).

No comments:

Post a Comment