Bauran pemasaran – marketing mix

Marketing mix, seringkali diindonesiakan menjadi bauran pemasaran, terdiri dari empat komponen, yang populer disebut 4P.

Product: barang, jasa, atau ide yang dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan customer. Dalam kaitannya dengan produk, tugas pemasaran adalah meningkatkan fungsi produk yang ada dan mengembangkan produk baru.

Pricing atau penentuan harga: memilih jumlah rupiah yang paling tepat untuk dibebankan kepada konsumen. Untuk memperoleh laba, harga harus menutup semua biaya untuk memproduksi produk serta biaya>biaya lainnya. Penentuan harga juga harus mempertimbangkan faktor-faktor: siapa target pasarnya, persaingan, identitas produk (image), serta persepsi customer mengenai nilai produk.

Place: memilih cara yang paling efektif dan efisien untuk menyediakan produk di tempat yang diinginkan customer (distribusi), menentukan jalur distribusi mana yang paling tepat. Contohnya adalah menentukan lokasi outlet penjualan dan pengembangan toko maya di Internet.

Promotion: semua aktivitas yang diselenggarakan perusahaaan untuk mengkomunikasikan produknya ke pasar yang menjadi sasaran.

Bauran pemasaran

Comments

Popular posts from this blog

Contoh jurnal dan laporan keuangan perusahaan jasa

Kekuasaan atas pengelolaan keuangan negara menurut UU No. 17 Tahun 2003

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Neraca: laporan posisi keuangan

Penyusunan dan penetapan APBN dan APBD menurut UU No. 17 Tahun 2003

Persamaan dasar akuntansi dan laporan keuangan

Siklus akuntansi: tahap-tahap proses akuntansi

Nilai wajar (fair value): definisi menurut PSAK 68/IFRS 13

Akuntansi piutang usaha | piutang dagang

Akuntansi dan laporan keuangan perusahaan dagang