Featured Post

Brevet Pajak Online Unsoed

Image
Brevet Pajak Online Unsoed dibuka untuk 25 peserta setiap kelas. Informasi lebih lanjut hubungi Reva (0858-8579-8331) atau Ida (0821-3378-9932) - WA/call/SMS. Pendaftaran dibuka sepanjang waktu.
DAFTAR ONLINE SEKARANG!

Brevet Pajak Unsoed Reguler akan kembali dilaksanakan setelah situasi dan kondisi memungkinkan.Kunjungi dan ikuti Brevet Pajak Unsoed Purwokerto di Facebook dan Instagram untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pendaftaran, acara, dan aktivitas kami Pengertian brevet pajak UnsoedBrevet Konsultan Pajak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, selanjutnya disebut brevet pajak Unsoed, adalah program kursus/pelatihan pajak yang diselenggarakan oleh Laboratorium Pengembangan Akuntansi Unsoed dengan mengacu kepada SK Rektor Unsoed No. KEPT.276/UN23/PP.08.00/2017, sebagai salah satu unit layanan yang berada di lingkungan FEB Unsoed. Hingga saat ini (awal 2018), brevet pajak Unsoed telah diselenggarakan sebanyak 64 angkatan dengan ribuan alumni yang terseba…

Kemampuan bahasa Inggris bagi akuntan

Di depan mahasiswa saya, ketika memberi arahan pendahuluan untuk mata kuliah Seminar Akuntansi, saya menyampaikan bahwa penguasaan bahasa Inggris saat ini fardlu ‘ain hukumnya bagi setiap akuntan. Saya tidak menggunakan argumen yang tinggi-tinggi untuk melegitimasi fatwa itu. Saya bilang, suka atau tidak suka, pilihan profesi akuntan Indonesia untuk mengadopsi IFRS berarti juga mengadopsi bahasa yang dipakai untuk menuliskan standar akuntansi internasional itu.

Anda mungkin mengaitkan penguasaan bahasa Inggris dengan daya saing akuntan kita di era pasar bebas. Argumen itu juga masuk akal, tapi saya bilang, itu argumen yang ketinggian bagi saya. :)

Adopsi standar akuntansi internasional bukan hanya mengadopsi perlakuan dan teknik akuntansinya saja. Jika tujuannya adalah untuk meningkatkan daya banding (comparability) dan memperlancar arus investasi global, berarti laporan keuangannya juga harus ditulis dalam bahasa Inggris. Dan ingat, laporan keuangan bukan hanya neraca, laba-rugi, arus kas, dan perubahan ekuitas.

Pengungkapan tentang kebijakan akuntansi, penjelasan dan rincian masing-masing item, dan informasi penjelas lainnya, sebagian disajikan secara naratif, bukan melulu tabel dan angka. Atas alasan “teknis” itulah, saya mewajibkan mahasiswa untuk melek bahasa Inggris, paling tidak baca-tulis.

Comments

Popular posts from this blog

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal dan laporan keuangan perusahaan jasa

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap