Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2024

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. WSD kembali menyelenggarakan Brevet Pajak dan Kursus Akuntansi Praktis! Hubungi admin (WhatsApp) untuk info lebih lanjut. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pr

Update/instal software di ubuntu tanpa koneksi Internet aktif

ubuntu corner Seorang teman mengirim email kepada saya, mengeluhkan repotnya update dan pemeliharaan sistem ubuntu. Saya bingung, karena seharusnya update dan pemeliharaan ubuntu justru sangat mudah. Semua software dikelola melalui repository, notifikasi update akan segera kita terima segera setelah software tertentu diperbaharui. Dengan Synaptic Package Manager, kita hanya perlu memutuskan untuk mengunduh, selebihnya proses instalasi akan berjalan secara otomatis.

Baru setelah sempet ngobrol lewat facebook, saya tahu persoalan yang dia hadapi. Rupanya, dia memasang ubuntu di komputer desktop di rumah, tanpa koneksi Internet. Artinya notifikasi tidak mungkin diterima, dan pengunduhan langsung tidak mungkin dilakukan.

Saya tanya ke dia, “Kamu punya HP yang bisa difungsikan sebagai modem?” Dia jawab, “Punya, tapi akses Internet pake HP sangat mahal dan lambat.” Dia hanya mengakses Internet di kantor atau di warnet.

Saya memang tidak menyarankan dia untuk mengunduh paket-paket software yang ukurannya ratusan MB lewat HP. Tapi koneksi Internet di rumah tetap diperlukan untuk mengunduh informasi mengenai update terbaru yang tersedia, bukan mengunduh paket software-nya sendiri. Karena itu saya sarankan agar dia tetap terkoneksi ke Internet lewat HP, sekadar untuk me-reload informasi tentang update yang tersedia.

Berikut adalah antarmuka Synaptic Package Manager yang diaktifkan melalui menu System → Administration → Synaptic Package Manager. Tekan tombol Reload untuk mengunduh informasi mengenai paket software yang baru, dihapus, atau diperbaharui…

Synaptic Package Manager

Setelah informasi mengenai paket software terbaru diunduh, tekan tombol Mark All Upgrades…

Synaptic Package Manager

Dari antarmuka Synaptic Package Manager, pilih menu File → Generate package download script…

Synaptic Package Manager

Simpan file teks yang berisi daftar perintah download ke flashdisk untuk dibawa ke kantor atau ke warnet. File itu berisi perintah-perintah download menggunakan wget, lengkap dengan alamat-alamat URL tempat paket-paket software tersimpan di repository. Tutup Synaptic Package Manager dan segera putuskan koneksi Internet.

Setibanya di kantor/warnet, kita sudah siap mengunduh semua file yang list-nya telah tersimpan di flashdisk. Jika komputer di kantor/warnet juga terinstal Linux, kita hanya perlu menempatkan file yang kita bawa dari rumah ke direktori di harddisk yang akan dijadikan tempat menyimpan paket-paket software yang akan diunduh. Buka file itu dengan menekan Enter, maka akan muncul opsi untuk men-display atau menjalankannya di Terminal. Pilih opsi menjalankan di Terminal, maka proses download akan berlangsung.

Jika komputer di kantor/warnet terinstal Windows, kita harus membuka file yang dibawa dari rumah dengan Notepad atau WordPad. Copy URL setiap paket dan lakukan proses download dengan menggunakan download manager seperti Internet Download Manager atau Free Download Manager. Simpan semua file paket hasil unduhan ke flashdisk atau CD/DVD untuk dibawa pulang.

Sesampainya di rumah, aktifkan kembali Synaptic Package Manager dan pilih menu File → Add downloaded packages:

Synaptic Package Manager

Pilih direktori tempat kita menyimpan paket-paket software yang telah diunduh di kantor/warnet, tekan Open, dst…semoga membantu,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22