Pengertian dan contoh jurnal revaluasi aktiva tetap

revaluasi aktiva tetap

Pengertian revaluasi aktiva tetap | Penilaian kembali, atau revaluasi aktiva tetap, adalah model penilaian aktiva tetap yang saat ini dianjurkan penggunaannya dalam standar akuntansi keuangan (PSAK 16). Dengan model revaluasi (revaluation model), nilai wajar aktiva tetap diukur kembali dan disajikan dalam neraca (laporan posisi keuangan). Revaluasi aktiva tetap dimaksudkan untuk menyajikan informasi aktiva tetap yang lebih relevan dan bermanfaat dalam laporan keuangan.

Dalam model biaya (cost model), aktiva tetap disajikan dalam neraca dengan biaya perolehan yang diamortisasi (disusutkan). Penyusutan dimaksudkan untuk mengalokasi biaya perolehan ke periode-periode yang menerima manfaat dari aktiva jangka panjang.

Dengan revaluasi aktiva tetap, biaya perolehan aktiva yang bisa disusutkan tetap dihitung dan dilaporkan penyusutannya. Secara berkala, nilai wajar aktiva tetap diukur kembali. Jika nilai wajar lebih besar dibandingkan dengan nilai buku, selisih lebih itu, disebut surplus revaluasi, dilaporkan dalam kelompok penghasilan komprehensif lain dalam laporan laba-rugi dan penghasilan komprehensif lain. Jumlah kumulatifnya disajikan dalam akumulasi penghasilan komprehensif lain di ekuitas.

Jika nilai wajar lebih kecil daripada nilai buku, kerugian penurunan nilai dilaporkan di laba-rugi dalam periode terjadinya penurunan nilai.

Jika perusahaan memilih model revaluasi, model revaluasi harus diterapkan ke semua item aset di dalam satu kelas aset. Aktiva yang perubahan harganya cepat harus direvaluasi setiap tahun. Untuk aktiva yang perubahan harganya lambat, revaluasi bisa dilakukan dengan rentang waktu yang lebih lama dari satu tahun.


Ingin mahir menghitung pajak dan mengisi e-SPT?

brevet pajak unsoed purwokerto

Ikuti pelatihan Brevet Pajak Unsoed Purwokerto. Kunjungi halaman kami di Facebook untuk mendapatkan informasi pendaftaran, acara, dan aktivitas kami.


Contoh jurnal revaluasi aktiva tetap

Contoh revaluasi aktiva tetap berikut diberikan untuk memudahkan pemahaman mengenai bagaimana model revaluasi diterapkan dalam akuntansi.


PT MCA menerapkan pendekatan revaluasi terhadap aktiva tetap yang memiliki nilai buku Rp1.000.000, masa manfaat 5 tahun, nilai residu nol. Dengan metode penyusutan garis lurus, PT MCA membuat jurnal penyesuaian berikut pada tahun pertama:

contoh jurnal penyusutan

Setelah jurnal penyesuaian di atas dipindahbukukan ke buku besar, nilai buku aktiva tetap PT MCA menjadi Rp800.000 (Rp1.000.000 - Rp200.000).

Pada saat yang sama, penilai independen menetapkan nilai wajar aktiva tetap itu Rp850.000. Untuk melaporkan aktiva tetap dengan nilai wajar, PT MCA membuat jurnal revaluasi berikut:

contoh jurnal revaluasi aktiva tetap

Dengan adanya jurnal revaluasi di atas, PT MCA melaporkan aktiva tetap dengan nilai wajarnya yang baru, yaitu Rp850.000 (Rp1.000.000 – Rp150.000).


Comments

Popular posts from this blog

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Neraca: laporan posisi keuangan

Contoh jurnal dan laporan keuangan perusahaan jasa

Kekuasaan atas pengelolaan keuangan negara menurut UU No. 17 Tahun 2003

Penyusunan dan penetapan APBN dan APBD menurut UU No. 17 Tahun 2003

Persamaan dasar akuntansi dan laporan keuangan

Risiko spekulatif (speculative risk): definisi

Instrumen keuangan (financial instrument): definisi menurut SAK/IFRS

Risiko murni (pure risk): definisi

Keuangan negara: definisi menurut UU No. 17 tahun 2003