Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2024

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. WSD kembali menyelenggarakan Brevet Pajak dan Kursus Akuntansi Praktis! Hubungi admin (WhatsApp) untuk info lebih lanjut. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pr

Pengertian dan contoh jurnal revaluasi aktiva tetap

revaluasi aktiva tetap

Pengertian revaluasi aktiva tetap | Penilaian kembali, atau revaluasi aktiva tetap, adalah model penilaian aktiva tetap yang saat ini dianjurkan penggunaannya dalam standar akuntansi keuangan (PSAK 16). Dengan model revaluasi (revaluation model), nilai wajar aktiva tetap diukur kembali dan disajikan dalam neraca (laporan posisi keuangan). Revaluasi aktiva tetap dimaksudkan untuk menyajikan informasi aktiva tetap yang lebih relevan dan bermanfaat dalam laporan keuangan.

Dalam model biaya (cost model), aktiva tetap disajikan dalam neraca dengan biaya perolehan yang diamortisasi (disusutkan). Penyusutan dimaksudkan untuk mengalokasi biaya perolehan ke periode-periode yang menerima manfaat dari aktiva jangka panjang.

Dengan revaluasi aktiva tetap, biaya perolehan aktiva yang bisa disusutkan tetap dihitung dan dilaporkan penyusutannya. Secara berkala, nilai wajar aktiva tetap diukur kembali. Jika nilai wajar lebih besar dibandingkan dengan nilai buku, selisih lebih itu, disebut surplus revaluasi, dilaporkan dalam kelompok penghasilan komprehensif lain dalam laporan laba-rugi dan penghasilan komprehensif lain. Jumlah kumulatifnya disajikan dalam akumulasi penghasilan komprehensif lain di ekuitas.

Jika nilai wajar lebih kecil daripada nilai buku, kerugian penurunan nilai dilaporkan di laba-rugi dalam periode terjadinya penurunan nilai.

Jika perusahaan memilih model revaluasi, model revaluasi harus diterapkan ke semua item aset di dalam satu kelas aset. Aktiva yang perubahan harganya cepat harus direvaluasi setiap tahun. Untuk aktiva yang perubahan harganya lambat, revaluasi bisa dilakukan dengan rentang waktu yang lebih lama dari satu tahun.


Ingin mahir menghitung pajak dan mengisi e-SPT?

brevet pajak unsoed purwokerto

Ikuti pelatihan Brevet Pajak Unsoed Purwokerto. Kunjungi halaman kami di Facebook untuk mendapatkan informasi pendaftaran, acara, dan aktivitas kami.


Contoh jurnal revaluasi aktiva tetap

Contoh revaluasi aktiva tetap berikut diberikan untuk memudahkan pemahaman mengenai bagaimana model revaluasi diterapkan dalam akuntansi.


PT MCA menerapkan pendekatan revaluasi terhadap aktiva tetap yang memiliki nilai buku Rp1.000.000, masa manfaat 5 tahun, nilai residu nol. Dengan metode penyusutan garis lurus, PT MCA membuat jurnal penyesuaian berikut pada tahun pertama:

contoh jurnal penyusutan

Setelah jurnal penyesuaian di atas dipindahbukukan ke buku besar, nilai buku aktiva tetap PT MCA menjadi Rp800.000 (Rp1.000.000 - Rp200.000).

Pada saat yang sama, penilai independen menetapkan nilai wajar aktiva tetap itu Rp850.000. Untuk melaporkan aktiva tetap dengan nilai wajar, PT MCA membuat jurnal revaluasi berikut:

contoh jurnal revaluasi aktiva tetap

Dengan adanya jurnal revaluasi di atas, PT MCA melaporkan aktiva tetap dengan nilai wajarnya yang baru, yaitu Rp850.000 (Rp1.000.000 – Rp150.000).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22