Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2023

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pribadi Pajak atas penghasilan sehubungan dengan pekerjaan, jasa, dan kegiatan Contoh penghitungan PPh pasal 21 PPh

Pengertian dan contoh jurnal utang wesel (wesel bayar)

utang wesel bayar

Istilah notes payable seringkali diterjemahkan menjadi utang wesel atau wesel bayar. Meskipun demikian, notes payable sebenarnya bisa mengacu pada surat utang atau surat perjanjian utang-piutang secara umum, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Surat utang disebut jangka pendek jika memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun (dua belas bulan). Utang jangka pendek disajikan sebagai kewajiban lancar dalam neraca (laporan posisi keuangan). Kewajiban lancar dalam neraca juga mencakup utang jangka panjang yang jatuh temponya sudah dekat, kurang dari satu tahun, terhitung dari tanggal neraca.

Tonton video instruksional dari Warsidi, C.A. terkait topik yang sama di YouTube.


Pengertian surat wesel

Surat wesel dalam pengertian sebagaimana yang tertuang dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) sepertinya sudah jarang digunakan dalam praktik saat ini. Menurut KUHD, surat wesel adalah surat perintah membayar sejumlah uang dari satu pihak kepada pihak lain pada tanggal tertentu di suatu tempat tertentu. Jika bunga dikenakan terhadap jumlah yang harus dibayar, suku bunga wesel juga dinyatakan di dalam surat wesel.

Bagi pihak yang akan menerima pembayaran, surat wesel merupakan piutang atau tagihan, disebut piutang wesel atau wesel tagih. Bagi pihak yang harus membayar, surat wesel merupakan utang atau kewajiban, disebut utang wesel atau wesel bayar.

Selain surat wesel, KUHD juga mengatur tentang surat sanggup atau promes. Sifatnya hampir sama dengan wesel, sama-sama merupakan alat pembayaran kredit.


Brevet Pajak Online! sekarang dibuka!

brevet pajak unsoed purwokerto

Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi
http://akuntansi.feb.unsoed.ac.id/brevet-pajak/


Contoh jurnal wesel bayar

Perusahaan yang memberikan fasilitas kredit lebih suka melakukan transaksi utang-piutang dengan bukti formal yang berkekuatan hukum, tidak sekadar menggunakan faktur yang merupakan dokumen bisnis biasa. Surat utang termasuk wesel juga seringkali berfungsi sebagai alat pembayaran kredit: ketika faktur sudah jatuh tempo dan debitor belum melakukan pembayaran, surat wesel menjadi salah satu sarana penyelesaian utang-piutang.

Dalam artikel ini, contoh yang diberikan adalah surat utang jangka pendek.


Pada tanggal 1 September 2018, PT Bank Japar sepakat untuk memberikan pinjaman Rp100.000.000 kepada PT Fahira. Bunga pinjaman itu adalah 12%, jangka waktu 4 bulan, tanggal jatuh tempo 1 Januari 2019.

Ayat jurnal yang dibuat PT Fahira untuk mencatat timbulnya kewajiban dan diterima kas hasil pencairan pinjaman adalah sebagai berikut:

contoh jurnal utang wesel

Bunga terjadi dengan berlalunya waktu selama jangka waktu utang. Perusahaan harus mencatat (mengakui) terjadinya bunga secara berkala.

Jika PT Fahira menggunakan tahun fiskal yang berakhir tanggal 31 Desember, ayat jurnal penyesuaian diperlukan pada tanggal 31 Desember 2018 untuk mengakui beban bunga dan utang bunga sejumlah Rp4.000.000 (Rp100.000.000 × 12% × 4/12).

contoh jurnal beban bunga utang bunga

Dalam neraca PT Fahira 31 Desember 2018, kewajiban lancar akan menunjukkan utang bank jangka pendek sejumlah Rp100.000.000 dan utang bunga Rp4.000.000. Laporan laba-rugi PT Fahira untuk tahun 2018 akan melaporkan beban bunga sejumlah Rp4.000.000.

Pada saat jatuh tempo (1 Januari 2019), PT Fahira harus membayar nilai nominal (jumlah pokok pinjaman yang tertera dalam surat perjanjian utang-piutang), yaitu kas sejumlah Rp100.000.000 ditambah bunga Rp4.000.000.

Jurnal untuk mencatat pembayaran nilai nominal dan bunga adalah sebagai berikut:

contoh jurnal pembayaran pokok dan bunga pinjaman

Dari contoh-contoh jurnal di atas terlihat bahwa meskipun pembayaran bunga dilakukan pada tahun 2019, beban bunga diakui pada 2018. Perlakuan ini sesuai dengan dasar akuntansi akrual yang digunakan dalam akuntansi keuangan.


Komentar

  1. bagaimana penjurnalannya apabila utang wesel tidak dapat dilunasi?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22