Pengertian dan contoh jurnal utang wesel (wesel bayar)

utang wesel bayar

Istilah notes payable seringkali diterjemahkan menjadi utang wesel atau wesel bayar. Meskipun demikian, notes payable sebenarnya bisa mengacu pada surat utang atau surat perjanjian utang-piutang secara umum, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Surat utang disebut jangka pendek jika memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun (dua belas bulan). Utang jangka pendek disajikan sebagai kewajiban lancar dalam neraca (laporan posisi keuangan). Kewajiban lancar dalam neraca juga mencakup utang jangka panjang yang jatuh temponya sudah dekat, kurang dari satu tahun, terhitung dari tanggal neraca.

Pengertian surat wesel

Surat wesel dalam pengertian sebagaimana yang tertuang dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) sepertinya sudah jarang digunakan dalam praktik saat ini. Menurut KUHD, surat wesel adalah surat perintah membayar sejumlah uang dari satu pihak kepada pihak lain pada tanggal tertentu di suatu tempat tertentu. Jika bunga dikenakan terhadap jumlah yang harus dibayar, suku bunga wesel juga dinyatakan di dalam surat wesel.

Bagi pihak yang akan menerima pembayaran, surat wesel merupakan piutang atau tagihan, disebut piutang wesel atau wesel tagih. Bagi pihak yang harus membayar, surat wesel merupakan utang atau kewajiban, disebut utang wesel atau wesel bayar.

Selain surat wesel, KUHD juga mengatur tentang surat sanggup atau promes. Sifatnya hampir sama dengan wesel, sama-sama merupakan alat pembayaran kredit.


Ingin mahir menghitung pajak dan mengisi e-SPT?

brevet pajak unsoed purwokerto

Ikuti pelatihan Brevet Pajak Unsoed Purwokerto. Kunjungi halaman kami di Facebook untuk mendapatkan informasi pendaftaran, acara, dan aktivitas kami.


Contoh jurnal wesel bayar

Perusahaan yang memberikan fasilitas kredit lebih suka melakukan transaksi utang-piutang dengan bukti formal yang berkekuatan hukum, tidak sekadar menggunakan faktur yang merupakan dokumen bisnis biasa. Surat utang termasuk wesel juga seringkali berfungsi sebagai alat pembayaran kredit: ketika faktur sudah jatuh tempo dan debitor belum melakukan pembayaran, surat wesel menjadi salah satu sarana penyelesaian utang-piutang.

Dalam artikel ini, contoh yang diberikan adalah surat utang jangka pendek.


Pada tanggal 1 September 2018, PT Bank Japar sepakat untuk memberikan pinjaman Rp100.000.000 kepada PT Fahira. Bunga pinjaman itu adalah 12%, jangka waktu 4 bulan, tanggal jatuh tempo 1 Januari 2019.

Ayat jurnal yang dibuat PT Fahira untuk mencatat timbulnya kewajiban dan diterima kas hasil pencairan pinjaman adalah sebagai berikut:

contoh jurnal utang wesel

Bunga terjadi dengan berlalunya waktu selama jangka waktu utang. Perusahaan harus mencatat (mengakui) terjadinya bunga secara berkala.

Jika PT Fahira menggunakan tahun fiskal yang berakhir tanggal 31 Desember, ayat jurnal penyesuaian diperlukan pada tanggal 31 Desember 2018 untuk mengakui beban bunga dan utang bunga sejumlah Rp4.000.000 (Rp100.000.000 × 12% × 4/12).

contoh jurnal beban bunga utang bunga

Dalam neraca PT Fahira 31 Desember 2018, kewajiban lancar akan menunjukkan utang bank jangka pendek sejumlah Rp100.000.000 dan utang bunga Rp4.000.000. Laporan laba-rugi PT Fahira untuk tahun 2018 akan melaporkan beban bunga sejumlah Rp4.000.000.

Pada saat jatuh tempo (1 Januari 2019), PT Fahira harus membayar nilai nominal (jumlah pokok pinjaman yang tertera dalam surat perjanjian utang-piutang), yaitu kas sejumlah Rp100.000.000 ditambah bunga Rp4.000.000.

Jurnal untuk mencatat pembayaran nilai nominal dan bunga adalah sebagai berikut:

contoh jurnal pembayaran pokok dan bunga pinjaman

Dari contoh-contoh jurnal di atas terlihat bahwa meskipun pembayaran bunga dilakukan pada tahun 2019, beban bunga diakui pada 2018. Perlakuan ini sesuai dengan dasar akuntansi akrual yang digunakan dalam akuntansi keuangan.


Comments

Popular posts from this blog

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Neraca: laporan posisi keuangan

Contoh jurnal dan laporan keuangan perusahaan jasa

Kekuasaan atas pengelolaan keuangan negara menurut UU No. 17 Tahun 2003

Penyusunan dan penetapan APBN dan APBD menurut UU No. 17 Tahun 2003

Persamaan dasar akuntansi dan laporan keuangan

Risiko spekulatif (speculative risk): definisi

Instrumen keuangan (financial instrument): definisi menurut SAK/IFRS

Risiko murni (pure risk): definisi

Keuangan negara: definisi menurut UU No. 17 tahun 2003