Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2024

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. WSD kembali menyelenggarakan Brevet Pajak dan Kursus Akuntansi Praktis! Hubungi admin (WhatsApp) untuk info lebih lanjut. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pr

Pengertian dan jenis SPT masa pajak

spt masa

Pengertian SPT masa | SPT masa adalah surat pemberitahuan pajak (SPT pajak) yang menjadi sarana atau media wajib pajak melaporkan kewajiban perpajakan selama satu masa pajak (satu bulan). Jenis pajak yang harus dilaporkan setiap bulan melalui SPT masa adalah PPh Pasal 21/26, PPh Pasal 22, PPh Pasal 23/26, PPh Pasal 25, PPh Pasal 4 ayat (2), PPh Pasal 15, dan PPN. Format SPT masa untuk tiap-tiap jenis pajak berbeda satu sama lain, karena objek dan tarif pajak untuk tiap-tiap jenis pajak juga berbeda.

Selain memiliki bentuk formulir yang berbeda, batas waktu pelaporan SPT masa juga berbeda. Wajib pajak harus melaporkan SPT masa pajak penghasilan paling lambat pada tanggal 20 bulan berikutnya. SPT masa Pajak Pertambahan Nilai harus sudah dilaporkan oleh wajib pajak paling lambat pada akhir bulan berikutnya. Jika batas pelaporan SPT masa jatuh pada hari libur, batas penyampaian SPT masa adalah pada keesokan harinya, yaitu pada tanggal 21 atau tanggal 22 sesuai dengan hari kerja kantor pajak.


Ingin mahir menghitung pajak dan mengisi e-SPT?

brevet pajak unsoed purwokerto

Ikuti pelatihan Brevet Pajak Unsoed Purwokerto. Kunjungi halaman kami di Facebook untuk mendapatkan informasi pendaftaran, acara, dan aktivitas kami.


Jenis SPT masa | Mengacu pada KEP-214/PJ/2001, jenis SPT masa di antaranya adalah sebagai berikut:

SPT masa PPh

  • SPT Masa PPh Pasal 4 ayat (2)
  • SPT Masa PPh Pasal 21/26 (formulir 1721)
  • SPT Masa PPh Pasal 15
  • SPT Masa PPh Pasal 22
  • SPT Masa PPh Pasal 23/26

SPT masa PPN

  • SPT Masa PPN dan PPnBM (formulir 1111)
  • SPT Masa PPN bagi PKP Pedagang Eceran (formulir 1111DM)
  • SPT Masa PPN bagi Pemungut (formulir 1107 PUT)

Pembahasan lebih detail mengenai tiap-tiap jenis SPT masa, cara mengisi, dan menyampaikan SPT masa, baik melalui media kertas maupun e-SPT dan e-filing, diberikan dalam artikel terpisah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22