Featured Post

Brevet Pajak Online Unsoed

Image
Brevet Pajak Online Unsoed dibuka untuk 25 peserta setiap kelas. Informasi lebih lanjut hubungi Reva (0858-8579-8331) atau Ida (0821-3378-9932) - WA/call/SMS. Pendaftaran dibuka sepanjang waktu.
DAFTAR ONLINE SEKARANG!

Brevet Pajak Unsoed Reguler akan kembali dilaksanakan setelah situasi dan kondisi memungkinkan.Kunjungi dan ikuti Brevet Pajak Unsoed Purwokerto di Facebook dan Instagram untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pendaftaran, acara, dan aktivitas kami Pengertian brevet pajak UnsoedBrevet Konsultan Pajak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, selanjutnya disebut brevet pajak Unsoed, adalah program kursus/pelatihan pajak yang diselenggarakan oleh Laboratorium Pengembangan Akuntansi Unsoed dengan mengacu kepada SK Rektor Unsoed No. KEPT.276/UN23/PP.08.00/2017, sebagai salah satu unit layanan yang berada di lingkungan FEB Unsoed. Hingga saat ini (awal 2018), brevet pajak Unsoed telah diselenggarakan sebanyak 64 angkatan dengan ribuan alumni yang terseba…

Sistem buku besar dan pelaporan (GL & reporting systems)

sistem buku besar dan pelaporanPengertian ● Sistem buku besar dan pelaporan adalah bagian dari sistem informasi akuntansi dengan fungsi utama memutakhirkan (updating) buku besar umum (general ledger) dan menyiapkan laporan-laporan yang merupakan ringkasan (ikhtisar) dari hasil-hasil yang dicapai organisasi.

Sistem buku besar dan pelaporan mengumpulkan dan mengolah data yang berasal dari:

  • Tiap-tiap subsistem siklus akuntansi (siklus pendapatan, siklus pengeluaran, siklus produksi, siklus sumber daya manusia) yang menyediakan informasi mengenai transaksi-transaksi rutin.
  • Manajer keuangan (treasurer) yang menyediakan informasi mengenai aktivitas pendanaan dan investasi (penerbitan dan penarikan instrumen utang dan ekuitas serta pembelian atau penjualan instrumen keuangan).
  • Bagian anggaran yang menyediakan angka-angka anggaran.
  • Manajer akuntansi (controller) yang menyiapkan ayat jurnal penyesuaian.

Ingin mahir menghitung pajak dan mengisi e-SPT?

brevet pajak unsoed purwokerto

Ikuti pelatihan Brevet Pajak Unsoed Purwokerto. Kunjungi halaman kami di Facebook untuk mendapatkan informasi pendaftaran, acara, dan aktivitas kami.


DFD berikut menunjukkan bahwa sistem buku besar dan pelaporan mencakup tiga aktivitas utama, yaitu: (1) pemutakhiran (posting) buku besar umum; (2) penyesuaian saldo akun akhir periode; (3) penyiapan laporan keuangan; dan (4) penyiapan laporan manajerial.

siklus buku besar dan pelaporan

Gambar berikut menunjukkan rancangan sistem buku besar (general ledger system) dan pelaporan berbasis database terintegrasi.

siklus buku besar dan pelaporan

Baca juga: Contoh soal sistem informasi dan pengendalian internal


Comments

Popular posts from this blog

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal dan laporan keuangan perusahaan jasa

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap