Featured Post

Belajar pajak berbasis SPT 2024

Belajar pajak bukan hanya mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak. Pajak yang berlaku di suatu negara adalah suatu sistem, sistem perpajakan. Memahami sistem berarti Anda harus melihatnya sebagai bagian-bagian yang saling berhubungan, siapa saja pihak yang terlibat, serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Ketentuan pajak juga merupakan norma hukum yang harus dipatuhi dan memiliki konsekuensi berupa sanksi, bahkan hingga hukuman pidana, bagi yang melanggarnya. Materi yang WSD berikan di sini dimaksudkan untuk berpihak kepada Anda sebagai Wajib Pajak. Cakupan materi dilengkapi secara inkremental dan dimutakhirkan setiap saat. Anda akan mendapati satu entry baru setiap hari. Semoga bermanfaat. WSD kembali menyelenggarakan Brevet Pajak dan Kursus Akuntansi Praktis! Hubungi admin (WhatsApp) untuk info lebih lanjut. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan NPWP: nomor pokok wajib pajak NPWP orang pribadi PKP: pengusaha kena pajak Pajak penghasilan orang pr

Pasar modal

pasar modal

Jika Anda ingin merasakan seperti apa menjadi investor di pasar modal, Anda bisa melakukannya dengan mudah saat ini berkat semakin maraknya aplikasi teknologi keuangan. Anda bahkan bisa mulai berinvestasi dengan dana minimum dan biaya transaksi yang relatif murah dibandingkan dengan di masa lalu.

Pengertian pasar modal

Pasar modal adalah istilah yang diadopsi dari capital market dalam Bahasa Inggris. Karena hanya ada satu bursa efek di Indonesia saat ini, Anda mungkin terbiasa mengidentikkan pasar modal dengan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Tapi, pasar modal juga mencakup over-the-counter (OTC) market, tempat efek atau surat berharga diperdagangkan di luar bursa. Di pasar OTC, Anda bisa langsung membeli saham dari perusahaan pialang saham atau perantara lainnya, tanpa mengikuti proses lelang di bursa efek.

Istilah lain yang mengacu pada fenomena yang sama di antaranya adalah pasar sekuritas.

Melalui pasar modal, perusahaan melakukan penawaran umum saham. Pemerintah Indonesia juga menerbitkan surat utang melalui bursa efek. Perusahaan pengelola aset menyediakan produk reksadana dan ETF di pasar sekuritas.

Ya, Anda mulai familiar dengan istilah-istilah ini: pasar modal, bursa efek, pasar sekuritas. Semuanya memiliki arti yang sama, tempat beraneka ragam efek, atau sekuritas, atau surat berharga, diperjualbelikan.

Menurut tipe transaksinya, pasar modal dibedakan menjadi pasar primer dan pasar sekunder.

Bayangkan Anda adalah direktur sebuah perseroan terbatas. Untuk menambah modal perseroan, Anda menjual saham perusahaan Anda kepada masyarakat umum. Anda sedang berada di pasar primer. Perusahaan Anda disebut emiten, pihak yang melakukan emisi saham.

Transaksinya disebut penawaran umum (public offering). Penawaran saham untuk pertama kali lebih populer disebut initial public offering (IPO). Perseroan yang sahamnya sebagian dipegang oleh masyarakat umum disebut perusahaan publik (public company), atau perseroan terbuka. Untuk melakukan penawaran publik, perseroan terbuka melibatkan jasa penjamin emisi (underwriter).

Contoh perusahaan publik di antaranya adalah Bank Central Asia Tbk (BBCA), United Tractors Tbk (UNTR), Astra International Tbk (ASII), dan masih banyak lagi.

pasar sekunder

Setelah ditransaksikan di pasar primer, efek atau sekuritas atau surat berharga itu selanjutnya diperjualbelikan di pasar sekunder. Di pasar sekunder, satu pihak pemegang saham menjual saham suatu perseroan kepada pemegang saham lainnya.

Berbeda dengan di pasar primer, transaksi di pasar sekunder tidak lagi melibatkan pihak emiten secara langsung. Jika Anda membeli saham di pasar sekunder, Anda membelinya dari pemegang saham sebelumnya, bukan dari perseroan yang menerbitkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap

Contoh jurnal dan cara menghitung PPh pasal 22