04 January 2016

PSAK 60 Instrumen Keuangan: Pengungkapan

PSAK 60 Instrumen Keuangan: Pengungkapan mengadopsi hampir seluruh ketentuan dalam IFRS 7 Financial Instruments: Disclosures per 1 Januari 2014. PSAK 60 mengharuskan entitas mengungkapkan informasi dalam laporan keuangan yang dengan informasi dimaksud pengguna menjadi mampu mengevaluasi:

(a) signifikansi instrumen keuangan terhadap posisi keuangan dan kinerja keuangan entitas; dan

(b) risiko-risiko apa saja yang ditimbulkan oleh instrumen keuangan dan sejauh mana risiko-risiko itu berdampak terhadap entitas selama periode dan pada akhir periode yang dilaporkan, serta bagaimana entitas mengelola risiko-risiko tersebut. Pengungkapan kualitatif menguraikan tujuan, kebijakan, dan proses yang ditempuh oleh manajemen untuk mengelola risiko. Pengungkapan kuantitatif mencakup informasi mengenai sejauh mana entitas terpapar terhadap risiko, berdasarkan informasi yang disediakan secara internal kepada personel manajemen kunci entitas. Secara bersama-sama, pengungkapan kualitatif dan pengungkapan kuantitatif memberikan gambaran umum mengenai penggunaan instrumen keuangan oleh entitas serta sejauh mana entitas terpapar terhadap risiko-risiko yang berasal dari instrumen keuangan itu.

PSAK 60 berlaku untuk semua entitas, termasuk entitas-entitas yang memiliki sedikit instrumen keuangan (misalnya perusahaan manufaktur yang instrumen keuangannya hanya terdiri dari piutang dan utang usaha) dan entitas-entitas yang memiliki banyak instrumen keuangan (misalnya lembaga keuangan yang sebagian besar aset dan liabilitasnya berupa instrumen keuangan).

Jika PSAK 60 mengharuskan pengungkapan menurut kelas-kelas instrumen keuangan, entitas harus mengelompokkan instrumen keuangannya ke dalam kelas-kelas yang tepat, sesuai dengan informasi yang diungkapkan. Kelas-kelas instrumen keuangan juga harus mempertimbangkan karakteristik-karakteristik instrumen keuangan yang diungkapkan itu. Entitas harus memberikan informasi yang cukup yang memungkinkan dilakukannya rekonsiliasi dengan item-item yang disajikan dalam laporan posisi keuangan.

Prinsip-prinsip pengungkapan dalam PSAK 60 melengkapi prinsip-prinsip pengakuan, pengukuran, dan penyajian aset keuangan dan liabilitas keuangan dalam PSAK 50 Instrumen Keuangan: Penyajian dan PSAK 55 Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran.

No comments:

Post a Comment