Featured Post

Brevet Pajak Online!

Image
Brevet Pajak Online sekarang dibuka! Pendaftaran Brevet Online Periode I disediakan untuk 25 peserta. Perkuliahan dilakukan sore hari, 16.30-18.00 dan 19.00-20.30. Anda tidak perlu hadir secara fisik di kampus, tatap muka dilakukan menggunakan Hangouts Meet atau Zoom. Informasi lebih lanjut hubungi Reva (0858-8579-8331) atau Ida (0821-3378-9932) - WA/call/SMS.

DAFTAR ONLINE SEKARANG!

Brevet Pajak Unsoed Periode 2/2020 dilaksanakan mulai 8 Juni 2020 sampai dengan pertengahan September 2020. Batas akhir pendaftaran tanggal 5 juni 2020 di lt 4 Laboratorium Terpadu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, Jl. Prof. Dr. H.R. Boenyamin No.708 Grendeng Purwokerto 53122. Investasi Rp2.000.000. Kunjungi dan ikuti Brevet Pajak Unsoed Purwokerto di Facebook untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pendaftaran, acara, dan aktivitas kami
Pengertian brevet pajak UnsoedBrevet Konsultan Pajak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, selanjutnya disebut breve…

PSAK 60 Instrumen Keuangan: Pengungkapan

PSAK 60 Instrumen Keuangan: Pengungkapan mengadopsi hampir seluruh ketentuan dalam IFRS 7 Financial Instruments: Disclosures per 1 Januari 2014. PSAK 60 mengharuskan entitas mengungkapkan informasi dalam laporan keuangan yang dengan informasi dimaksud pengguna menjadi mampu mengevaluasi:

(a) signifikansi instrumen keuangan terhadap posisi keuangan dan kinerja keuangan entitas; dan

(b) risiko-risiko apa saja yang ditimbulkan oleh instrumen keuangan dan sejauh mana risiko-risiko itu berdampak terhadap entitas selama periode dan pada akhir periode yang dilaporkan, serta bagaimana entitas mengelola risiko-risiko tersebut. Pengungkapan kualitatif menguraikan tujuan, kebijakan, dan proses yang ditempuh oleh manajemen untuk mengelola risiko. Pengungkapan kuantitatif mencakup informasi mengenai sejauh mana entitas terpapar terhadap risiko, berdasarkan informasi yang disediakan secara internal kepada personel manajemen kunci entitas. Secara bersama-sama, pengungkapan kualitatif dan pengungkapan kuantitatif memberikan gambaran umum mengenai penggunaan instrumen keuangan oleh entitas serta sejauh mana entitas terpapar terhadap risiko-risiko yang berasal dari instrumen keuangan itu.

PSAK 60 berlaku untuk semua entitas, termasuk entitas-entitas yang memiliki sedikit instrumen keuangan (misalnya perusahaan manufaktur yang instrumen keuangannya hanya terdiri dari piutang dan utang usaha) dan entitas-entitas yang memiliki banyak instrumen keuangan (misalnya lembaga keuangan yang sebagian besar aset dan liabilitasnya berupa instrumen keuangan).

Jika PSAK 60 mengharuskan pengungkapan menurut kelas-kelas instrumen keuangan, entitas harus mengelompokkan instrumen keuangannya ke dalam kelas-kelas yang tepat, sesuai dengan informasi yang diungkapkan. Kelas-kelas instrumen keuangan juga harus mempertimbangkan karakteristik-karakteristik instrumen keuangan yang diungkapkan itu. Entitas harus memberikan informasi yang cukup yang memungkinkan dilakukannya rekonsiliasi dengan item-item yang disajikan dalam laporan posisi keuangan.

Prinsip-prinsip pengungkapan dalam PSAK 60 melengkapi prinsip-prinsip pengakuan, pengukuran, dan penyajian aset keuangan dan liabilitas keuangan dalam PSAK 50 Instrumen Keuangan: Penyajian dan PSAK 55 Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran.

Comments

Popular posts from this blog

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal dan laporan keuangan perusahaan jasa

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap