13 November 2015

Biaya perolehan (cost): definisi dalam PSAK 16, PSAK 13, dan PSAK 19

daftar istilah akuntansi

Biaya perolehan adalah jumlah kas atau setara kas yang dibayarkan atau nilai wajar dari imbalan lain yang diserahkan untuk memperoleh suatu aset pada saat perolehan atau konstruksi atau, jika dapat diterapkan, jumlah yang diatribusikan pada aset ketika pertama kali diakui sesuai dengan persyaratan tertentu dalam PSAK lain, contohnya PSAK 53 Pembayaran Berbasis Saham.
Sumber: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 16 Aset Tetap, paragraf 6 (PSAK 16.6).

Cost is the amount of cash or cash equivalents paid or the fair value of the other consideration given to acquire an asset at the time of its acquisition or construction or, where applicable, the amount attributed to that asset when initially recognised in accordance with the specific requirements of other IFRSs, eg IFRS 2 Share-based Payment.
Source: International Accounting Standard 16 Property, Plant and Equipment, paragraph 6 (IAS 16.6).

Penjelasan tambahan. Definisi biaya perolehan ini harus dipahami dalam konteks tujuan PSAK 16. Definisi biaya perolehan tersebut juga digunakan dalam PSAK 13 Properti Investasi dan PSAK 19 Aset Tak Berwujud.

PSAK 16 menyatakan bahwa aset tetap yang memenuhi kualifikasi pengakuan sebagai aset diukur pada biaya perolehan (PSAK 16.15). Biaya perolehan aset tetap diakui sebagai aset jika dan hanya jika (PSAK 16.7):

  1. kemungkinan besar entitas akan memperoleh manfaat ekonomik masa depan dari aset tersebut; dan
  2. biaya perolehannya dapat diukur secara andal.

No comments:

Post a Comment