22 November 2015

Pendekatan penghasilan (income approach): teknik penilaian dalam pengukuran nilai wajar (PSAK 68/IFRS 13)

daftar istilah akuntansi

Pendekatan penghasilan (income approach) adalah.teknik penilaian yang mengkonversikan jumlah masa depan (contohnya arus kas atau penghasilan dan beban) ke suatu jumlah tunggal kini (yaitu didiskontokan). Pengukuran nilai wajar ditentukan berdasarkan nilai yang diindikasikan oleh harapan pasar saat ini mengenai jumlah masa depan tersebut.
Sumber: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 68 Pengukuran Nilai Wajar, Lampiran A (PSAK 68.A).

Income approach is valuation techniques that convert future amounts (eg cash flows or income and expenses) to a single current (ie discounted) amount. The fair value measurement is determined on the basis of the value indicated by current market expectations about those future amounts.
Source: International Financial Reporting Standard 13 Fair Value Measurement, Appendix A (IFRS 13.A).

Penjelasan tambahan. Penting untuk diperhatikan, definisi pendekatan penghasilan di atas harus dipahami dalam konteks tujuan PSAK 68.

PSAK 68 mengharuskan entitas untuk menggunakan teknik penilaian yang sesuai dalam keadaan dan di mana data yang memadai tersedia untuk mengukur nilai wajar, dengan memaksimalkan penggunaan input yang dapat diobservasi yang relevan dan meminimalkan penggunaan input yang tidak dapat diobservasi (PSAK 68.61).

PSAK 68 juga menyebutkan contoh pendekatan penghasilan yang di antaranya adalah teknik nilai kini (atau teknik nilai sekarang), model penentuan harga opsi, dan metode multi-period excess earnings (PSAK 68.PP11).

Selain pendekatan penghasilan, entitas juga bisa menggunakan pendekatan pasar dan pendekatan biaya (PSAK 68.62).

No comments:

Post a Comment