Featured Post

Brevet Pajak Online Unsoed

Image
Brevet Pajak Online Unsoed dibuka untuk 25 peserta setiap kelas. Informasi lebih lanjut hubungi Reva (0858-8579-8331) atau Ida (0821-3378-9932) - WA/call/SMS. Pendaftaran dibuka sepanjang waktu.
DAFTAR ONLINE SEKARANG!

Brevet Pajak Unsoed Reguler akan kembali dilaksanakan setelah situasi dan kondisi memungkinkan.Kunjungi dan ikuti Brevet Pajak Unsoed Purwokerto di Facebook dan Instagram untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pendaftaran, acara, dan aktivitas kami Pengertian brevet pajak UnsoedBrevet Konsultan Pajak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, selanjutnya disebut brevet pajak Unsoed, adalah program kursus/pelatihan pajak yang diselenggarakan oleh Laboratorium Pengembangan Akuntansi Unsoed dengan mengacu kepada SK Rektor Unsoed No. KEPT.276/UN23/PP.08.00/2017, sebagai salah satu unit layanan yang berada di lingkungan FEB Unsoed. Hingga saat ini (awal 2018), brevet pajak Unsoed telah diselenggarakan sebanyak 64 angkatan dengan ribuan alumni yang terseba…

Definisi dan peran pasar utama (principal market) dalam pengukuran nilai wajar menurut PSAK 68/IFRS 13

Pasar utama (principal market) adalah pasar dengan volume dan tingkat aktivitas terbesar untuk aset atau liabilitas.
Sumber: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 68 (PSAK 68) Pengukuran Nilai Wajar, Lampiran A.

Principal market is the market with the greatest volume and level of activity for the asset or liability.
Source: International Financial Reporting Standard 13 (IFRS 13) Fair Value Measurement, Appendix A.

Penjelasan tambahan. Nilai wajar merupakan ukuran atau angka dalam akuntansi yang ditentukan berbasis pasar. Pengukuran nilai wajar mengasumsikan bahwa transaksi untuk menjual aset atau mengalihkan liabilitas terjadi:

  1. di pasar utama (principal market) untuk aset atau liabilitas tersebut; atau
  2. di pasar yang paling menguntungkan (most advantegous market) untuk aset atau liabilitas tersebut, jika tidak terdapat pasar utama.

Jika terdapat pasar utama untuk aset atau liabilitas, maka pengukuran nilai wajar merepresentasikan harga di pasar tersebut (apakah harga tersebut dapat diobservasi secara langsung atau diestimasi menggunakan teknik penilaian lain), bahkan jika harga di pasar yang berbeda berpotensi lebih menguntungkan (PSAK 68.18).

Dengan kata lain, nilai wajar adalah harga yang akan diterima untuk menjual suatu aset atau harga yang akan dibayar untuk mengalihkan suatu liabilitas dalam transaksi teratur di pasar utama (atau pasar yang paling menguntungkan) pada tanggal pengukuran dalam kondisi pasar saat ini (yaitu harga keluar) terlepas apakah harga tersebut dapat diobservasi secara langsung atau diestimasi menggunakan teknik penilaian lain (PSAK 68.24).

Comments

Popular posts from this blog

Download PSAK terbaru | PDF | exposure draft

Contoh jurnal dan laporan keuangan perusahaan jasa

Contoh jurnal penjualan dan pertukaran aktiva tetap